Kumpulan Tugas Sekolah

Download Gratis Makalah/Kliping Tugas Sekolah

Ketik di sini untuk mencari

2 November 2017

Kliping Akidah Akhlak Kelas XII (Optimis, Dinamis, Kreatif, Inovativ & Inspiratif, Fastabiqul Khoirot)

CERITA TENTANG SEORANG ERNAWATI LILYS 
( FASTABIQUL KHOIROT)
Image result for optimis
Sosok pada arisan link III Blogger Perempuan kali ini adalah Mbak Ernawati Lilys. Dia adalah seorang perempuan yang telah berkeluarga dan dikaruniai dua putra. Yang pertama berumur 3 tahun, bernama Fatih, sedangkan putra kedua bernama Fay, yang masih berumur 1 tahun.
Nenglisojung yang merupakan nama pena dari Mbak Ernawati Lilys ini telah resmi mendapatkan gelar sebagai seorang sarjana sastra Jepang, dan telah menelurkan segudang prestasi. Utamanya dalam hal karya tulis. Jangan diragukan lagi kualitas tulisan dari mbak Erna yang bagus sekali, karena kerap kali dimuat dalam beberapa majalah, selain itu, dia juga menelurkan beberapa buku hasil karyanya sendiri, dan juga menjuarai berbagai lomba even kepenulisan. Tak hanya itu, dia juga merupakan salahsatu pembimbing dalam grup Kelas Menulis Online (KMO). Jadi, sudah dipastikan kualitas tulisannya mbak Erna ini, te o pe be ge te. Hehehe
Untuk kamu yang ingin tahu porofolio dari mbak Erna ini, bisa membuka laman blognya yang dominan berwarna hijau mentereng dengan kombinasi warna putih, jadilah terlihat ciamik dipandang dan tak akan bosan ketika berkunjung. Hehehe. Jika melihat laman portofolionya mbak Erna, saya sampai berdecak kagum, “kapan, saya bisa seperti mbak Erna, ya?” ya kurang lebih seperti itu. 
Selain itu, mbak Ernawati Lilys ini juga langganan menang lomba, lho. rahasia utama dibalik keikutsertannya dalam lomba tersebut adalah dengan diniati belajar sekaligus untuk menjalin pertemanan. Sehingga, tak heran jika setiap ada event kepenulisan atau blog competition dia selalu mendapatkan teman baru.
Oh iya, saya salut sekali dengan perjuangan dan kegigihan mbak yang pendiam, anggun, kalem, dan sederhana ini dalam membagi waktunya. Dia telah terbiasa multitasking sedari dia mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Pasalanya, dia kuliah sekaligus bekerja. Setelah menikah, dia pun tetap menjalankan aktifitas seperti biasanya. Yakni, ketika jam 5 subuh sampai jam 5 sore, dia bekerja  di sebuah perusahaan, kemudian jam 5 sore hingga jam 6, dia memasak, barulah setelah itu dia berangkat kuliah hingga pulang jam 10 malam. Subhanallah… hal itu berlangsung setiap hari hingga Mbak Erna hamil selama 9 bulan.
Bayangkan temans, perjuangan mbak Erna ini. Saya juga masih memiliki kisah sebelum mbak Erna menikah dengan suaminya. Kala itu dia masih nge-kost, dan ada seorang lelaki yang mendatanginya pada malam hari dengan tujuan mengajak pacaran mbak Erna. Dak kalian tahu bagaimanakah reaksi mbak Erna seperti apa ? Mbak Erna tidak menerimanya, malah mbak Erna sendiri mengajak lelaki yang dikenal sebagai kakak kelasnya itu untuk menikah. Sehingga membuat lelaki itu enggan, angkat kaki, sambil menangis.
Oleh sebab itulah, mbak Erna selalu berdalih “kalau ada yang deketin, terus ngasih  tahu perasaannya. Saya lagi nunggu diajakin nikah,” tuturnya. Keren banget kan, mbak Erna jawabannya, hehehe.
Sedangkan cerita kisah kasih antara mbak Erna dengan lelaki yang kini menjadi suaminya, itu karena suaminya tersebut mau dan berani menemui wali dari Mbak Erna ini. *applause 
“Yang ngajak nikah banyak, tapi nggak ada yang datang ke rumah. Kalau ada yang ngajak nikah tapi nggak berani ke rumah orangtua, itu lelaki setengah modus. Lelaki yang baik adalah yang meminta restu ke orangtua,”
Ya, seperti itulah ucapan mbak Erna yang sempat membuat saya melting. Hehehe. Beruntung sekali mbak Erna memiliki suami seperti itu. Tak hanya itu, suaminya juga mendukung sepenuhnya kegiatan mbak Erna ini. Pantas saja, meski mbak Erna sudah memiliki dua putra, dia tetap bisa fokus menulis. Karena keduanya selalu dilibatkan dalam proses menulisnya, selain itu mbak Erna juga sering mengajak putranya ketika mengikuti even kepenulisan offline, asal dengan mengajak mereka berdua.


Subhanallah mbak Erna….
Pantas saja setelah menikah, dan punya dua putra, mbak Erna giat sekali menorehkan tintanya menjadi sebuah buku seperti, Kuliah Vs Kuliah (2015), Kalau Cinta Bilang aja (2016), dan yang terbaru Buku Cerita Seru dan Fakta Unik Tentang Burung (2016). Sebenarnya masih banyak lagi buku karya mbak Erna ini, tapi kalian bisa cari di laman portofolionya ya, temans. ini saya kasih bocoran kumpulan bukunya serta antologi buku dari mbak Erna ini .


KISAH  ASMARA  DUA  SEJOLI
(OPTIMIS)

Kisah  asmara  sepasang  muda-mudi  berikut  ini  akan  menjelaskan perlunya  sikap  optimis  dalam  menjalani  hidup  dengan  mengesampingkan pemikiran-pemikiran  negatif  yang  akan  membawa  seseorang  pada  sikap pesimis.  Kisah  ini  menggambarkan  bagaimana  sikap  pesimis  menyebabkan kisah  asmara  itu  kandas  begitu  saja. Tragedi  itu  bermula  ketika  si  pemuda  harus  pergi  berjuang  ke  medan perang.  Pada  saat  menghadapi  peperangan,  kaki  kanannya  putus  terkena bom.  la  merasa  tidak  lagi  pantas  memiliki  gadis  pujaan  hati  karena  cacat kaki.  Terpaksa  ia  meminta  bantuan  temannya  agar  memberitahu  kekasihnya  itu  bahwa  ia  sudah  gugur  di  medan  peperangan.
Pasca kejadian  itu,  si  pemuda  justru  melalui  hari-hari  dengan  keputusasaan  karena  ia  masih  sangat  mencintai  wanita  itu.  Hingga  suatu  ketika ia  mendengar  bahwa  mantan  kekasihnya  akan  segera  menikah.  Pemuda tersebut  merasa  senang bercampur sedih. di satu sisi ia senang kekasih hatinya sudah menemukan  pengganti,satu tetapi  ia sedih karena kekasihnya  akan  segera  menjadi  milik  orang  lain.
Pemuda  tersebut ingin  melihat  mantan  kekasihnya  tersenyum  bahagia. ia  sengaja  datang  pada  acara  pernikahan  dan  terus  memperhatikan  wanita itu  secara  diam-diam.  Tetapi  ia  sangat  terperanjat  ketika  melihat  calon suami  kekasihnya  itu.  Sebab  pria  itu  adalah  teman  seperjuangan  yang juga terputus  kedua  kakinya  akibat  perang.
Pemuda  tersebut  sangat  menyesal  mengapa  dulu  ia  pesimis  dan  menyerah  dengan  keadaan  dan  tidak  berani  menghadapi  kenyataan  dengan terburu-buru  memutuskan  untuk  mengundurkan  diri  karena  kakinya  terputus  satu.  Mengapa  ia  tidak  menemui  kekasihnya  terlebih  dahulu  dan menanyakan  secara  langsung?  Tetapi  semua  sudah  terlambat,  pemikiran negatif  hanya  meninggalkan  penyesalan. Kisah  tersebut  sebenarnya  menegaskan  bahwa  kita  seharusnya  memikirkan  kemungkinan  terbaik  terlebih  dahulu,  sebelum  memikirkan  kemungkinan  terburuk.  Sebab  apa  yangterjadi  di  depan  nanti  mungkin  jauh lebih  baik  dari  apa  yang  kita  pikirkan.  Semoga  kita  mempunyai  satu  kesamaan  pendapat  bahwa  bersikap  optimis  itu  jauh  lebih  menguntungkan  dari pada  berpesimis  diri  dengan  keadaan.

Sikap  optimis  dalam  menjalani  sebuah  usaha  dalam  bidang  bisnis juga  begitu  adanya,  di  mana  harus  bersikap  optimis  dan  berani  dalam menghadapi  segala  risiko  dalam  usahanya.  Keberanian  dalam  bertindak akan  membuat  seseorang  mengetahui  hasil  dari  pekerjaan.  Ketika  berhasil,  tentunya  ia  akan  mendapatkan  kesuksesan  dalam  usahanya  dan mendapatkan  pengalaman  serta  ilmu  yang  berharga  dari  usahanya.  Akan tetapi,  jika  gagal,  bukan  menjadi  permasalahan  karena  ia  akan  mendapatkan  pelajaran  dan  pengalaman  yang  luar  biasa.  Sebagai  bekal  untuk dirinya  dalam  menggapai  cita-cita.
Akan  tetapi,  alangkah  meruginya  orang-orang  yang  tidak  berani  mencoba  karena  ia  tidak  akan  tahu  bagaimana  hasilnya.  Pada  kenyataannya  ia tidak  pernah  melakukan  apapun. Kisah tersebut menunjukkan  bagaimana  akibat dari sikap  pesimis diri  dari seorang  pemuda  yang  berujung  pada  kekecewaan  diri  karena  menyesali perbuatannya  yang  tidak  berani  menghadapi  kenyataan  dan  memilih  menghindar.  Seandainya  dia  mencobanya  dengan  menunjukkan  keadaan  dirinya,  walaupun  saat  itu  ia  tidak  segagah  dulu  disebabkan  cidera  akibat perang  yang  menghilangkan  satu  kakinya,  pasti  ia  akan  bahagia  dengan pasangannya  saat  itu.  Karena  sesungguhnya  wanita  yang  ia  cintai  menikah dengan  sahabat  baiknya  yang  menyampaikan  berita  tentang dirinya  dengan mengatakan  ia  telah  gugur  dalam  perang.
Penyesalan  hanya  bisa  ia  ratapi  ketika  menghadiri  pemikahan  sang wanita  pujaan  hatinya.  Kisah  ini  semoga  dapat  menberikan  pencerahan bagi  Anda  orang-orang  yang  berkecimpung  dalam  dunia  wirausaha  untuk selalu  optimis  dan  berani  menatap  kenyataan.  Artinya,  segala  akhir  dari sebuah  tindakan  tidak  seperti  pemikiran  yang  kita  bayangkan  dalam  kenyataannya,  masih  banyak  rahasia-rahasia  tersembunyi  di  balik  sebuah peristiwa.


PERILAKU DINAMIS

Perilaku dinamis adalah sikap giat bekerja, tidak mau diam, selalu berubah, bergerak, dan tumbuh. Saya yakin orang yang berperilaku dinamis tidak pernah bosan dalam hidupnya karena selalu berubah dan berkarya. Orang tersebut akan terus berusaha meningkatkan apa yang ia capai. Ia tidak mudah puas dengan pencapaiannya walaupun sudah sangat tinggi. Banyak sekali yang didapat oleh orang yang hidupnya dinamis. Berikut adalah 10 contoh-contoh keuntungan yang di dapat dalam perilaku dinamis menurut kami. Langsung saja kita simak yang pertama:
1. Aktif
Orang dinamis cenderung aktif dan menyukai perubahan. Dengan adanya perubahan, maka dia akan merasa tertantang untuk menghadapinya. Sikap aktif sangatlah penting untuk dimiliki. Sebab jika kita pemalas, banyak kerugian yang dapat kita peroleh. Misalnya kesuksesan menjadi terhambat atau bahkan terkena penyakit karena tidak pernah aktif.
2. Up Date
Orang dinamis akan selalu mencari sesuatu yang baru sehingga ia akan selalu update. Orang yang selalu up to date sangatlah menarik karena tidak kuno dan kudet. Orang update paling asyik diajak mengobrol sehingga hidupnya akan lebih bahagia karena punya banyak teman.
3. Tidak Pernah Bosan
Pernahkah Anda mengalami kebosanan dalam hidup Anda? Nah, sangat tidak enak bukan melakukan hal yang itu-itu saja sampai mati kebosanan. Orang dinamis cenderung tidak pernah merasa bosan karena ia cepat bosan. Ketika ia bosan, ia langsung meninggalkan hal yang membosankan tersebut dan mencari sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru itu tidak selalu menakutkan. Justru menyenangkan jika kita menyukainya.
4. Cerdas
Orang dinamis sangat suka belajar dan membaca. Sehingga ia bisa menjadi orang yang pintar dan cerdas. Ketika ia sedang menunggu sesuatu, ia selalu menyempatkan diri untuk meraih ilmu atau informasi. Baik melalui buku yang ia bawa atau melalui gadget-nya. Anda pasti sudah tahu apa keuntungan yang diperoleh dari orang yang cerdas. Orang cerdas tentunya mudah diterima dimana-mana karena dia mampu memilih mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak perlu dilakukan.


5. Mendapat Pahala Besar
Ada beberapa orang yang kelewat sukses dan kaya hingga ia merasa hampa dalam hidupnya. Kehampaan itu terasa karena ia tidak lagi merasakan semangat perjuangan seperti saat pertama kali ia merintis usahanya. Apa-apa bisa ia peroleh dengan mudah kini. Itulah orang dinamis. Maka dari itu, dia akan selalu menyempatkan diri untuk membantu orang lain melalui sebuah yayasan. Baik itu memberikan sumbangan maupun dukungan bagi orang yang kurang beruntung. Kegiatan tersebut tentunya akan mendapatkan pahala yang besar.
6. Semuanya Jadi Lebih Mudah
Orang dinamis tentunya tidak suka menjalani satu profesi seumur hidupnya. Ia akan menyuruh orang lain untuk menggantikannya dengan sejumlah imbalan. Sehingga ia tidak perlu bekerja tapi tetap mendapatkan uang. Ia juga bisa menjalankan usaha lain dan seterusnya.
7. Bahagia
Bahagia itu ketika kita bersyukur ketika berhasil meraih suatu pencapaian. Bersyukurlah apapun yang kita dapatkan. Namun, bersyukur bukan berarti santai dan diam. Orang dinamis biasanya akan terus meningkatkan pencapaiannya atau membuat sebuah capaian baru.
8. Disukai Banyak Orang
Orang dinamis tidak suka berdiam diri. Dia selalu menyempatkan diri untuk bekerja. Baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain secara sukarela. Hal tersebut menyebabkan ia disukai banyak orang dan banyak orang yang akan membantunya ketika dalam kesulitan.
9. Rapi
Ketika orang dinamis sedang tidak ada kerjaan, maka ia akan membereskan ruang kerjanya. Sehingga semuanya menjadi lebih rapi dan ia jadi lebih siap untuk mengerjakan pekerjaan yang akan datang.
10. Rajin Beribadah
Orang dinamis tentunya sangat rajin beribadah. Dia selalu menyempatkan diri untuk beribadah dan meminta restu dari Tuhan supaya semua pekerjaannya dapat dikerjakan dengan baik. Bandingkan dengan orang malas yang seringkali malas beribadah.




KISAH KREATIF
Gun Gun Abdul Ghofur


Gun Gun Abdul Ghofur, mahasiswa fakultas psikologi, memperoleh prestasi di bidang akademik. Pria kelahiran Tasikmalaya, 3 Agustus 1983 ini sukses meraih gelar mahasiswa teladan tahun 2006 Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Selain itu, dia menyandang predikat lulusan 2006 terbaik.

Dari kisah Gun Gun di atas, ada satu hal yang dapat kita petik dan pelajari adalah kreativitas. Setiap orang dapat menemukan jalannya masing-masing. Kesuksesan orang lain mungkin menjadi inspirasi, tetapi kita sendirilah yang akan dapat menemukan jalan terbaiknya bagi kita.

Bagaimana caranya agar menjadi orang yang kreatif?

Ada beberapa hal yang dapat disebut sebagai pemicu agar menjadi orang yang kreatif, yaitu sebagai berikut:
1. Berpikiran terbuka. Orang yang berpikiran terbuka memiliki kemungkinan yang tinggi untuk dapat hidup dalam segala situasi. Dengan berpikiran terbuka, kita akan berkeyakinan bahwa ”segala sesuatu adalah mungkin”. Jadi, terdapat berbagai kemungkinan jika kita mau berpikiran terbuka.
2. Keingintahuan yang tinggi. Bagaimana cara orang dapat mengoperasikan komputer, maka kita dapat mencoba mempraktikkannya sehingga kita pun dapat mengetahui caranya. Hal yang sama dapat kita terapkan dalam berbagai bidang kehidupan kita. Ilmu matematika, ekonomi, sosiologi, dan fisika, semua lahir dari rasa ingin tahu manusia yang tinggi untuk menguak rahasia alam dan menciptakan kehidupan yang lebih baik.
3. Berani mencoba. Keberanian untuk mencoba sering kali menjadi awal kesuksesan seseorang. Sebelum Wright bersaudara mampu menciptakan pesawat bermesin yang dapat terbang, banyak sekali orang yang telah mencoba untuk terbang dengan menggunakan berbagai cara. Akan tetapi, Wright bersaudara tidak pernah melakukan percobaan untuk terbang. Kreativitas mereka sungguh luar biasa, karena keberanian untuk mencoba telah menjadikan impian mereka berubah nyata.
4. Tidak mudah menyerah. ”Kegagalan adalah sukses yang tertunda”, begitu pepatah mengatakan. Keberanian untuk mencoba belum tentu akan menghasilkan sukses yang nyata jika tidak diiringi sikap pantang menyerah.


KISAH INOVATIF DAN INSPIRATIF

Jan Koum, pendiri WhatsApp, lahir dan besar di Ukraina dari keluarga yang relatif miskin. Saat usia 16 tahun, ia nekat pindah ke Amerika, demi mengejar apa yang kita kenal sebagai “American Dream”.
Pada usia 17 tahun, ia hanya bisa makan dari jatah pemerintah. Ia nyaris menjadi gelandangan. Tidur beratap langit, beralaskan tanah. Untuk bertahan hidup, dia bekerja sebagai tukang bersih-bersih supermarket. “Hidup begitu pahit”, Koum membatin.
Hidupnya kian terjal saat ibunya didiagnosa kanker. Mereka bertahan hidup hanya dgn tunjangan kesehatan seadanya. Koum lalu kuliah di San Jose University. Tapi kemudian ia memilih drop out, karena lebih suka belajar programming secara autodidak.
Karena keahliannya sebagai programmer, Jan Koum diterima bekerja sebagai engineer di Yahoo!. Ia bekerja di sana selama 10 tahun. Di tempat itu pula, ia berteman akrab dengan Brian Acton.
Keduanya membuat aplikasi WhatsApp tahun 2009, setelah resign dari Yahoo!. Keduanya sempat melamar ke Facebook yang tengah menanjak popularitasnya saat itu, namun diitolak. Facebook mungkin kini sangat menyesal pernah menolak lamaran mereka.
Setelah WhatsApp resmi dibeli Facebook dengan harga 19 miliar dollar AS (sekitar Rp 224 triliun) beberapa hari lalu, Jan Koum melakukan ritual yang mengharukan. Ia datang ke tempat dimana ia dulu, saat umur 17 tahun, setiap pagi antre untuk mendapatkan jatah makanan dari pemerintah. Ia menyandarkan kepalanya ke dinding tempat ia dulu antre. Mengenang saat-saat sulit, dimana bahkan untuk makan saja ia tidak punya uang.. Pelan2, air matanya meleleh. Ia tidak pernah menyangka perusahaannya dibeli dengan nilai setinggi itu.
Ia lalu mengenang ibunya yg sudah meninggal karena kanker. Ibunya yang rela menjahit baju buat dia demi menghemat. “Tak ada uang, Nak…”. Jan Koum tercenung. Ia menyesal tak pernah bisa mengabarkan berita bahagia ini kepada ibunya.
Rezeki datang dari arah dan bentuk yang tidak terduga. Remaja miskin yg dulu dapat jatah makan itu kini jadi Triliuner



KLIPING AKIDAH AKHLAK

Nama : 
RISKA AYU WULANDARI
NAFISATUN NISA

KELAS : XII IPS 1



MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KROYA
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Untuk File dalam bentuk Office Word Silahan Klik di Sini

Demikian yang bisa kami share untuk anda, jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan kepada teman-teman anda di media sosial secara pribadi maupun grup. Semoga bermanfaat.

Jika link download rusak/tidak berfungsi, silakan tulis komentar di Fanspage Facebook kami Untukmu Pelajar

No comments:

Post a Comment

Histats