Kumpulan Tugas Sekolah

Download Gratis Makalah/Kliping Tugas Sekolah

Ketik di sini untuk mencari

6 November 2018

MAKALAH SENI RUPA KERAJINAN DARI BAMBU DOC


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Dalam kehidupan masyarakat pedesaan di Indonesia, bambu memegang peranan sangat penting. Bambu dikenal oleh masyarakat memiliki sifat-sifat yang baik, antara lain batangnya kuat, ulet, lurus, rata, keras, mudah dibelah, budah diangkut. Selain itu, sampai saat ini harga bambu juga relative murah dibandingkan dengan bahan bangunan lain karena banyak ditemukan disekitar pemukiman pedesaan.
Kehidupan masyarakat desa, bambu sangat dekat dan diutuhkan untuk berbagai kebutuhan masyarakat desa mulai lahir (untuk memotong pusar bayi dan sunatan) sampai meninggal (kremasi jenazah). Aktivitas kehidupan sehari-hari pun tak luput dar pemanfaatan bumbu sebagai bahan makanan (rebung), pembungkus makanan (daun), makanan ternak (pucuk muda), sapu lidi, kerajinan untuk kebutuhan rumah tangga, cinderamata dan mebel, industry (pulp dan kertas), konstruksi (jembatan, bangunan rumah, tiang, sekat, dinding, atap, dan penyanggah).
Bambu dalam bentuk bulat dipakai untuk berbagai macam konstruksi seperti rumah, gudang, jembatan, tangga, pipa saluran air, tempat air, serta alat-alat rumah tangga. Dalam bentuk belahan dapat dibuat geribik, dinding atau lantai, reng, pagar, kerajinan, dan sebagainya. Beberapa bahan baku industry supit, alat ibadah, serta barang kerajinan, peralatan dapur, kap lampu, dan lain-lain.
Hingga saat ini, pengrajin bambu di Indonesia masih menggunakan cara mengirat bambu secara manual, keseragaman dan efisiensi mengolah bahan baku utnuk membuat bahan kerajinan masih rendah. Maka dari itu dibutuhkan sebuah alat untuk meningkatkan efisiensi tenaga dan kualitas iratan bambu sebagai bahan u ntuk membuat bahan kerajinan yang berbahan baku dari bambu.

BAB II
ISI

A.  Jenis-Jenis Bambu
Hampir semua bagian tanaman ini bisa digunakan, tentu saja yang paling utama adalah batangnya. Batang bambu biasa dimanfaatkan untuk bahan bangunan, sebagai pipa pengairan dipedesaan yang mengalirkan air dari pegunungan ke dareah pedesaan. Bambu muda bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan yang lezat rasanya. Sedangkan daun bambu ternyata juga bisa digunakan sebagai ramuan herbal untuk kesehatan.
1. Bambu Abe (bahasa daerah dayak bakati kabupaten Bengkayang)
Bambu abe atau  Gigantochloa balui adalah salah satu jenis bambu yang memiliki ukuran lingkar batang sedang dan termasuk ke dalam suku rumput-rumputan. Bambu abe memiliki nama lokal yang berbeda di setiap wilayah di Indonesia. Bambu ini banyak manfaatnya salah satunya digunakan masyarakat untuk membuat tangkai atap yang dibuat dari daun sagu dan kulit bagian luarnya(sembilu) digunakan sebagai tali pengikat yang juga digunakan untuk bahan membuat atap. Sedangkan bambu mudanya (rebung) tidak bisa dimakan karena rebung dari bambu ini terasa pahit.
2. Bambu Boro/Buluh (bahasa dayak bakati kabupaten Bengkayang)
Bambu ini termasuk dalam genus Gigantochloa (Gigantochloa Apus ), jenis bambu yang tumbuh merumpun. warna buluh hijau cerah atau kekuningan tinggi bisa mencapai 20M. Batangnya tidak bercabang di bagian bawah, diameternya 2,5-15 cm, tebal dinding 6-13 mm, dan panjang satu ruas 45-65 cm.
Panjang batang yang dapat dimanfaatkan antara 3 m – 15 m. Bambu apus berbatang kuat, liat, dan lurus. Bentuk batangnya sangat teratur dengan buku-buku yang sedikit membengkak. Tumbuh mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m dpl. Rebungnya pahit dan tidak bisa dimakan. G. apus terkenal paling bagus untuk dijadikan bahan baku anyaman karena seratnya yang panjang, halus, dan lentur. 
Bambu ini, dalam keadaan basah berwarna hijau


SELENGKAPNYA BERFORMAT MS. WORD.. SILAKAN KLIK DI SINI

Demikian yang bisa kami share untuk anda, jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan kepada teman-teman anda di media sosial secara pribadi maupun grup. Semoga bermanfaat.

Jika link download rusak/tidak berfungsi, silakan tulis komentar di Fanspage Facebook kami Untukmu Pelajar






No comments:

Post a Comment

Histats