Kumpulan Tugas Sekolah

Download Gratis Makalah/Kliping Tugas Sekolah

Ketik di sini untuk mencari

10 November 2018

20 CONTOH TEKS EKSPLANASI

TEKS EKSPLANASI GERHANA BULAN



Gerhana bulan adalah sebuah peristiwa alam yang cukup sering terjadi di wilayah Indonesia. Secara ilmiah gerhana bulan didefinisikan sebagai peristiwa bulan saat beroposisi dengan matahari. Akan tetapi, tidak selalu oposisi bulan terhadap matahari tersebut akan memunculkan fenomena gerhana. Terjadinya gerhana bulan hanya bisa disaksikan apabila bulan berada di titik nude, yaitu dua titik yang terbentuk dari perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika.
Sebagian besar gerhana bulan masih tetap memperlihatkan wujud bulan di permukaan langit. Secara umum hal ini lumrah terjadi karena sinar matahari yang berbelok ke arah bulan memiliki spectrum berwarna kemerahan yang mengakibatkan sinar bulan masih tampak meskipun sedikit berwarna lebih gelap. Bisa juga spectrum kemerahan yang dibelokkan tersebut memunculkan warna jingga atau cokelat pada bulan yang dilihat dari bumi.
Mengamati peristiwa gerhana bulan diyakini aman-aman saja meskipun dilakukan dengan mata telanjang. Apalagi bagi sebagian umat Muslim yang ada di Indonesia, peristiwa langka semacam ini dijadikan sebagai momentum untuk melaksanakan ibadah sholat gerhana secara serentak atau sholat Khusuf.
Peristiwa gerhana bulan juga banyak dinanti masyarakat karena tidak terjadi setiap hari, dan memunculkan fenomena yang menarik diatas langit. Jika dilihat dari bumi, kemungkinan hanya tampak rona merah saja di sebagian penampakan bulan. Pada proses ini bayangan bumi telah menutupi penampang bulan, dan kejadian tersebut bisa berlangsung selama beberapa menit bergantung pada letak sinar matahari yang terhalang oleh bumi saat menuju ke bulan.
Keterangan:
Paragraf pertama adalah bentuk pernyataan umum.
Paragraf kedua dan ketiga adalah bentuk penjelas mengenai gerhana dan terjadinya gerhana.
Paragraf keempat merupakan penutup yang berisi pendapat serta interpretasi.

BERIKUT 20 CONTOH SELENGKAPNYA TENTANG TEKS EKSPLANASI SILAKAN DOWNLOD DI BAWAH INI


Demikian yang bisa kami sajikan tentang contoh 20 teks eksplanasi. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman anda agar saling mendapatkan manfaat kebaikan, semoga amal baik selalu mengiringi kita. 

Untuk mendapatkan pemberitahuan update terbaru seputar Tugas Sekolah silakan like fanspage FB kami UNTUKMU PELAJAR

 










No comments:

Post a Comment

Histats