DOWNLOAD SOAL PAS BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS 4 SESUAI KURIKULUM REVISI 2020 PLUS KUNCI JAWABAN
Hai sahabat pelajar semuanya,
blog ini merupakan tempat untuk mendownload kumpulan makalah, kliping, dan
soal-soal terbaru beserta kunci jawabannya, kami menyajikan soal HARIAN, SOAL
PTS/UTS, SOAL PAS/UAS, SOAL PAT/UKK untuk SD MI dengan kurikulum 2013/K13
terbaru edisi revisi tahun 2020, dapat digunakan untuk mengukur pencapaian
peserta didik atau persiapan menghadapi ulangan baik di SD maupun MI. Untuk
mendownload soal plus kunci jawaban link kamis sertakan di bagian bawah
postingan.
Untuk soal-soal agama
madrasah seperti Al-Qur'an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab
telah sesuai dengan peraturan terbaru KMA 183 Tahun 2019
Berikut adalah soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Gasal materi
PAI Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Tematik untuk SD/MI
Soal
berikut untuk kelas 4
PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022 |
|||
Mata Pelajaran |
: Bahasa
Indonesia |
Nama |
: …………………………… |
Kelas |
: IV (Empat) |
No. Absen |
: …………………………… |
Hari, Tanggal |
: Selasa, 30
November 2021 |
|
|
Waktu |
: 07.30 –
09.00 WIB |
|
|
I.
Berilah tanda silang (X) pada jawaban A, B, C atau D yang dianggap
benar!
KD 3.1
1.
Bacalah
teks berikut dengan cermat!
Tari Merak merupakan ragam tarian kreasi baru yang
mengekpresikan kehidupan binatang, yaitu burung Merak. Tata cara dan geraknya
diambil dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh seniman Sunda Raden
Tjetjeo Somantri. Ide dari Tari Merak sendiri ketika Raden Tjetjeo Somantri
melihat tarian Dadak Merak pada Reog Ponorogo, maka dari itu aksesoris kepala
merak pada Tari Merak mematuk manik-manik seperti tasbih yang ada pada merak
pada Reog Ponorogo.
Ide pokok paragraf di atas adalah
....
A. Tujuan tari
merak
B. Pementasan
tari merak
C. Deskripsi
tari merak
D. Aksesoris
tari merak
2.
Bacalah
teks berikut dengan saksama!
Rumah Gadang adalah nama
untuk rumah adat Minangkabau yang
merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Rumah ini juga
disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga
yang menyebut dengan nama Rumah
Baanjuang.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
A. Asal usul rumah gadang
B. Nama lain rumah gadang
C. Keunikan rumah gadang
D. Daerah asal rumah gadang
3.
Bacalah
teks berikut!
Tari
barong merupakan salah satu tarian tradisional yang menggunakan media topeng
dan kostum sebagai perwujudan dari makhluk-makhluk yang dipercaya oleh
masyarakat Bali. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, tari barong ini dianggap
kesenian yang sakral. Tari barong ini merupakan tarian tradisional yang cukup
terkenal di Bali. Selain memiliki nilai seni, tari barong juga memiliki
makna-makna spiritual di dalamnya.
Gagasan
pokok paragraf di atas
adalah ....
A. Pertunjukan tari Barong
B. Aksesoris tari Barong
C. Pengertian tari Barong
D. Makna tari Barong
4.
Bacalah
teks berikut dengan cermat!
Bika
Ambon adalah salah satu makanan khas jenis kue basah yang berasal dari kota
Medan, Sumatra Utara. Kue satu ini memiliki ciri khas dengan warnanya yang
kuning dan memiliki rongga-rongga di bagian dalamnya. Selain itu, kue bika
Ambon juga memiliki cita rasa dan aroma yang khas.
Ide
pokok paragraf di atas
adalah ....
A. Bika Ambon adalah makanan khas
kota Medan, Sumatra Utara
B. Bika Ambon memiliki rongga-rongga
di dalamnya
C. Bika Ambon memiliki aroma yang
khas
D. Bika Ambon berwarna kuning
5.
Bacalah
teks berikut dengan saksama!
Upacara
adat merupakan salah satu investasi budaya yang harus dilestarikan dan
dipertahankan. Pengertian upacara adat sendiri adalah suatu kegiatan ritual
yang dilakukan oleh sekelompok orang atau suku di suatu daerah dengan memiliki
kekhasannya sendiri dan diturunkan secara turun-menurun.
Gagasan
pokok paragraf di atas
adalah....
A. Pengertian upacara adat
B. Ritual upacara adat
C. Ciri khas upacara adat
D. Makna upacara adat
KD 3.2
Bacalah
teks berikut!
Tari Pendet adalah salah satu tarian selamat datang atau
tarian penyambutan yang khas dari Bali. Tarian ini merupakan salah satu tarian
tradisional dari Bali yang sangat terkenal dan sering ditampilkan di berbagai
acara seperti penyambutan tamu besar dan acara budaya lainnya. Tari pendet
biasanya dimainkan oleh para penari wanita dengan membawa mangkuk yang berisi
berbagai macam bunga yang menjadi ciri khasnya.
Tari pendet awalnya merupakan suatu tarian tradisional
yang menjadi bagian dari upacara piodalan di pura atau tempat suci keluarga.
Sebagai ungkapan rasa syukur dan penghormatan dari masyarakat Bali dalam
menyambut kehadiran para dewata yang turun dari khayangan. Tarian ini sudah
menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan spiritual masyarakat
disana.
Berawal
dari situ, salah satu seniman Bali bernama I Wayan Rindi terinspirasi dan
mengubah tarian tersebut menjadi tarian selamat datang. Dengan dibantu Ni Ketut
Reneng, keduanya menciptakan tari pendet sebagai tarian penyambutan dengan
empat orang penari. Kemudian, tarian ini dikembangkan dan di sempurnakan lagi
oleh I Wayang Baratha dengan menambahkan jumlah penari menjadi lima orang,
seperti yang sering ditampilkan sekarang. Walaupun sudah menjadi tarian
penyambutan atau tarian selamat datang, tari pendet masih terdapat unsur-unsur
religius yang menjadi ciri khas masyarakat Bali.
6.
Tari
pendet merupakan tari yang berasal dari Bali dan biasa digunakan sebagai tarian
....
A. Upacara adat
B. Perpisahan
C. Selamat datang
D. Pertunjukan
7.
Nama
seniman yang mengubah tari pendet menjadi tarian selamat datang adalah ....
A. I Wayang Baratha
B. Ni Ketut Reneng
C. I Wayan Rudi
D. I Wayan Rindi
8.
Banyaknya
penari dalam tari pendet berjumlah ....
A. 6 orang
B. 5 orang
C. 4 orang
D. 3 orang
Bacalah
teks berikut dengan saksama!
Suwar-suwir adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari
bahan dasar tape. Suwar-suwir ini memiliki bentuk persegi panjang kecil dengan
tampilan yang berwarna-warni. Sekilas makanan ini hampir mirip dengan dodol,
namun memiliki rasa dan tekstrur yang sedikit berbeda. Suwar-suwir ini
merupakan salah satu makanan khas dari Jember, Jawa Timur. Makanan ini juga
sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.
9.
Bahan
dasar pembuatan Suwar-suwir adalah ....
A. Tape
B. Singkong
C. Ubi
D. Kedelai
10. Suwar-suwir merupakan makanan
khas yang berasal dari ....
A. Jawa Tengah
B. Jawa Timur
C. Jawa Barat
D. Sumatra Barat
KD 3.3
11. Percakapan antara dua orang
atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara disebut dengan
....
A. Komunikasi
B. Percakapan
C. Wawancara
D. Introgasi
12. Dalam wawancara, orang yang
dimintai penjelasan disebut ....
A. Pewawancara
B. Narasumber
C. Penjawab
D. Penanya
13. Hal-hal yang perlu
diperhatikan ketika akan melakukan wawancara adalah ....
A. Menyiapkan daftar pertanyaan
sesuai pokok permasalahan
B. Menyampaikan tujuan wawancara
C. Memperkenalkan diri dengan
baik
D. Memulai wawancara dengan
pertanyaan yang ringan
14. Berikut termasuk ciri-ciri
pertanyaan yang baik, kecuali ....
A. Sesuai dengan pokok
permasalahan
B. Jawaban iya atau tidak
C. Singkat dan jelas
D. Pertanyaan berkesinambungan
15. “Padi yang dihasilkan berkisar
3-5 ton sekali panen”
Pertanyaan
di atas
ditujukan kepada ....
A. Pedagang
B. Nelayan
C. Pegawai
D. Petani
KD 3.4
16. Teks yang memberi anjuran atau
arahan disebut ....
A. Teks deskripsi
B. Teks narasi
C. Teks puisi
D. Teks petunjuk
17. Syarat kalimat petunjuk agar
dapat dipahami oleh orang yang membacanya adalah ....
A. Menggunakan kalimat yang
panjang
B. Menggunakan kalimat yang bagus
C. Menggunakan kalimat yang jelas
D. Menggunakan kalimat yang
pendek
18.
Perhatikan
teks petunjuk di bawah ini!
1) siapkan selembar kertas untuk membentuk badan layang
layang
2) untuk memotong kertas membentuk layang layang potong
keempat sudut nya
3) ikat kedua tongkat menjadi satu
4) buat 4 lubang pada kertas berbentuk layang-layang pada
setiap sudutnya
Teks di atas adalah teks petunjuk ....
A. Menerbangkan layang-layang
B. Membuat layang-layang
C. Mendeskripsikan layang-layang
D. Membeli layang-layang
19.
Perhatikan
petunjuk menyalakan komputer!
1) Perhatikan aliran listrik
2) Menunggu proses opening windows
3) Gunakan alat bantuan dalam tegangan listrik
4) Menekan tombol power
5) Pastikan peralatan komputer terpasang dengan baik
Urutan
petunjuk tersebut yang benar adalah ....
A. 5), 1), 3), 4), 2)
B. 5), 3), 1), 4), 2)
C. 4), 1), 3), 2), 5)
D. 3), 2), 4), 1), 5)
20.
Petunjuk
pertama membuat kolase adalah ....
A. Kelompokkan bahan yang disiapkan berdasarkan warna
B. Sediakan bahan dasar yang akan dijadikan bahan utama
pada kolase
C. Tempelkan bahan dasar pada gambar yang telah
disediakan
D. Buat pola
dasar atau gambar yang akan di kreasikan dengan bahan yang disediakan
KD 3.5
Bacalah teks cerita berikut dengan
cermat!
Seekor burung Elang,
dengan kekuatan sayapnya menyambar seekor anak domba dengan kukunya dan
membawanya pergi jauh ke angkasa. Seekor burung gagak melihat kejadian itu, dan
terbayang dibenaknya sebuah gagasan bahwa dia mempunyai kekuatan untuk
melakukan hal yang sama dengan burung elang tersebut. Dengan membuka sayapnya
lebar-lebar kemudian terbang di udara dengan galaknya, dia meluncur kebawah dan
dengan cepat menghantam bagian punggung seekor domba. Ketika dia mencoba untuk
terbang kembali dia baru sadar kalau dia tidak bisa mengangkat domba tersebut
dan dia tidak dapat terbang lagi karena kukunya telah terjerat pada bulu domba.
Walaupun dia mencoba untuk melepaskan dirinya, jeratan itu terlalu sulit untuk
dilepaskan sehingga dia merasa putus asa dan tetap tinggal di atas
punggung domba tersebut.
Seorang pengembala yang
melihat lantas bergerak mendekatinya. Burung gagak itu
mengibas-ngibaskan sayapnya berusaha melepaskan diri, pengembala itu menyadari
apa yang telah terjadi. Pengembala itupun berlari dan segera menangkap burung
itu lalu mengikat dan mengurung burung gagak tersebut, setelah menjelang sore
dia memberikan burung gagak itu kepada anak-anaknya di rumah untuk bermain.
21. Tokoh utama dalam cerita di atas adalah ....
A.
Domba
B.
Elang
C.
Gagak
D.
Pengembala
22. Banyaknya tokoh dalam cerita di atas adalah ....
A.
2
B.
3
C.
4
D.
5
23. Pesan yang dapat diambil dari
cerita di atas
adalah ....
A.
Kita
harus memiliki kemampuan yang sama dengan orang lain
B.
Kita
berusaha lebih maju dari orang lain
C.
Jangan
iri dengan kemampuan orang lain
D.
Jangan
menjadi orang yang mau dikalahkan oleh orang lain
24. Dalam sebuah cerita ada tokoh
yang bersifat antagonis yang artinya ....
A.
Baik
hati
B.
Jahat
C.
Ceria
D.
Berani
25. “Pada hari Minggu suasananya
cerah sekali, Ani dan Ita memutuskan untuk pergi bersepeda”.
Latar
pada penggalan cerita di atas
adalah ....
A.
Hari
Minggu
B.
Ani
C.
Cerah
D.
Bersepeda
KD 3.7
Bacalah
teks berikut!
Raja Purnawarman mulai
memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya,
ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas
perampok. Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia
memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga
memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke
seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari
aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada
musim kemarau.
Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan
Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan
Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perampok,
keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan
sejahtera. Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja
Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal
sebagai Prasasti Ciaruteun.
26.
Dalam teks di atas, perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah ....
A. Membuat saluran air dengan memperbaiki Sungai
Gangga
B. Membuat bendungan air di Sungai Cupu
C.
Membrantas perampok di perairan Barat dan Utara kerajaan
D.
Selalu berjuang demi rakyatnya
27. Sungai yang diperbaiki oleh Raja Purnawarman
adalah sungai ... dan sungai ....
A.
Gangga dan Musi
B.
Musi dan Cupu
C.
Kapuas dan Musi
D.
Gangga dan Cupu
28. Pada masa pemerintahan Raja Purnawarman,
yang dirasakan oleh rakyat adalah ....
A.
Aman dan kelaparan
B.
Sejahtera dan menderita
C.
Menderita
dan kelaparan
D.
Aman
dan sejahtera
29. Sebagai wujud kecintaan rakyat
terhadap Raja Purnawarman yaitu mengabadikan telapak kakinya dalam bentuk
prasasti ....
A.
Cidahiang
B.
Muara
Cianten
C.
Ciaruteun
D.
Tugu
30. Sikap kepahlawanan yang
dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah ....
A.
Keberaniannya
memberantas kejahatan
B.
Kebijakannya
dalam mengambil keputusan
C.
Ramah
terhadap semua rakyatnya
D.
Berani
melawan musuh dengan kekerasan
KD 3.8
31. Teks nonfiksi memiliki sifat
....
A.
Deskriptif
B.
Imajinatif
C.
Informatif
D.
Fiktif
32. Informasi penting dalam teks
dapat diperoleh melalui kegiatan....
A.
Menulis
teks
B.
Melihat
judul
C.
Membaca
teks
D.
Meringkas
teks
33. Pada saat membaca teks bacaan,
kita akan memperoleh informasi apabila kita membaca dengan ....
A.
Cepat
B.
Saksama
C.
Pelan
D.
Lirih
34. Setelah memperoleh informasi
penting dalam teks, kemudian kita menulis kembali informasi tersebut dengan
....
A.
Panjang
dan berbelit-belit
B.
Sederhana
dan jelas
C.
Jelas
dan mudah dipahami
D.
Acak-acakan
35. Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam menulis informasi, kecuali....
A.
Menuliskan
informasi secara lengkap
B.
Menuliskan
fakta-fakta yang ada
C.
Menggunakan
ejaan yang benar
D.
Menuliskan
opini kita
II.
Isilah titik-titik di bawah
ini dengan jawaban yang benar!
KD
3.1
36. Dalam
sebuah paragraf terdapat ... gagasan pokok.
37. Kalimat
yang berfungsi menjelaskan gagasan pokok disebut gagasan ....
KD
3.2
Bacalah teks berikut!
Tari Jaipong adalah salah satu kesenian tradisional
Jawa Barat yang sangat populer di Indonesia. Tari jaipong merupakan
penggabungan beberapa seni tradisional seperti pencak silat, wayang golek,
ketuk tilu dan lain-lain. Tarian ini sering ditampilkan di berbagai acara
seperti penyambutan tamu besar dan festival budaya.
38. Inti dari teks di atas adalah
....
KD
3.3
39. Orang
yang memberikan pertanyaan ketika wawancara disebut ....
40. Ketika
kita selesai melakukan wawancara, yang kita lakukan adalah ....
KD
3.4
Aturan
pakai:
Dewasa
.............................1 kaplet
Anak-anak.........................1/2
kaplet
41. Kita dapat melihat petunjuk di atas di....
KD 3.5
42. Pesan yang disampaikan oleh
pengarang kepada pembaca disebut ....
KD 3.7
43. Biografi dan sejarah merupakan
contoh dari teks ....
44. Teks yang berisi cerita yang
bersifat imajinatif adalah teks ....
KD 3.8
45. Salah
satu hal yang harus diperhatikan saat menuliskan informasi yaitu menyampaikan
informasi secara....
III.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini dengan benar!
KD
3.1
Bacalah teks berikut!
Kesehatan adalah sesuatu yang
sangat penting. Saat tubuh sehat, kita dapat belajar, bermain, dan mengerjakan
segala sesuatu dengan nyaman. Sebaliknya, saat tubuh sakit, kita tidak mungkin
dapat belajar dengan baik. Kita juga tidak mungkin bisa bermain saat badan
sakit. Kesehatan adalah hak anak. Saat anak sakit berhak mendapatkan pengobatan
yang terbaik agar bisa kembali sehat.
46. Gagasan
pokok pada paragraf di atas adalah
....
Jawab: _______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
KD
3.3
47. Buatlah
2 pertanyaan yang ditujukan untuk pedagang!
Jawab: _______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
KD
3.4
48. Buatlah
teks petunjuk cara membuat teh manis!
Jawab: _______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
KD
3.7
49. Sebutkan 3 contoh teks non
fiksi!
Jawab: _______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
KD
3.8
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan
mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi dapat dicapai dengan
penggunaan energi secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan
menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan
kegiatan yang menggunakan energi.
50. Informasi yang didapatkan dari
teks diatas adalah ....
Jawab: _______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
KUNCI JAWABAN
PAS
TAHUN
PELAJARAN 2021/2022
BAHASA
INDONESIA
KELAS 4
I.
KD 3.1 KD 3.3 KD 3.5 KD 3.8
1.
C 11.
C 21. C 31. C
2.
D 12.
B 22. C 32. C
3.
C 13.
A 23. C 33. B
4.
A 14.B 24. B 34. C
5.
A 15.
D 25. A 35. D
KD 3.2 KD 3.4 KD
3.7
6. C 16. D 26. D
7. D 17. C 27. D
8. B 18. B 28. D
9. A 19. A 29. C
10.B 20.
B 30. A
II. KD 3.1 KD
3.5
36. 1 (satu) 42.
Amanat
37. Pendukung KD 3.7
KD 3.2 43.
Nonfiksi
38. Tari Jaipong kesenian tradisional dari Jawa
Barat 44. Fiksi
KD 3.3 KD
3.8
39. Pewawancara 45.
Jelas, mudah dipahami
40. Mengucapkan terimakasih, berpamitan, dsb
KD 3.4
41. Botol obat
III.
KD 3.1
46. Kesehatan
adalah sesuatu yang sangat penting
KD 3.3
47. a. Apa saja yang Bapak/Ibu jual?
b. Berapa penghasilan Bapk/Ibu dalam sehari?
(Kebijakan guru)
KD 3.4
48. a. Rebus air hingga mendidih
b.
Masukkan gula pasir (secukupnya) dan 1 kantong teh
c. Tuangkan
air mendidih hingga warna menjadi merah
(Kebijakan
guru)
KD 3.7
49. Majalah, biografi, koran (Kebijakan guru)
KD 3.8
50. Penghematan
energi dapat dilakukan dengan cara menggunakan energi lebih sedikit, ataupun
dengan mengurangi konsumsi energi. (Kebijakan guru)
KLIK UNTUKMENDOWNLOAD FORMAT MS. WORD (DOC)
Demikian contoh soal
yang bisa kami share, jangan lupa follow blog kami dan share juga kepada yang
lain agar saling mendapatkan manfaat.
Jika link download rusak/tidak berfungsi, silakan tulis komentar di Fanspage kami Untukmu Pelajar
No comments:
Post a Comment