Kumpulan Tugas Sekolah

Download Gratis Makalah/Kliping Tugas Sekolah

Ketik di sini untuk mencari

9 February 2022

DOWNLOAD SOAL PAS BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS 4 SESUAI KURIKULUM REVISI 2020 PLUS KUNCI JAWABAN

 


Hai sahabat pelajar semuanya, blog ini merupakan tempat untuk mendownload kumpulan makalah, kliping, dan soal-soal terbaru beserta kunci jawabannya, kami menyajikan soal HARIAN, SOAL PTS/UTS, SOAL PAS/UAS, SOAL PAT/UKK untuk SD MI dengan kurikulum 2013/K13 terbaru edisi revisi tahun 2020, dapat digunakan untuk mengukur pencapaian peserta didik atau persiapan menghadapi ulangan baik di SD maupun MI. Untuk mendownload soal plus kunci jawaban link kamis sertakan di bagian bawah postingan.

Untuk soal-soal agama madrasah seperti Al-Qur'an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab telah sesuai dengan peraturan terbaru KMA 183 Tahun 2019

Berikut adalah soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Gasal materi PAI Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Tematik untuk SD/MI

Soal berikut untuk kelas 4

 

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

MADRASAH IBTIDAIYAH

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

Nama

: ……………………………

Kelas

: IV (Empat)

No. Absen

: ……………………………

Hari, Tanggal

: Selasa, 30 November 2021

 

 

Waktu

: 07.30 – 09.00 WIB

 

 

I.       Berilah tanda silang (X) pada jawaban A, B, C atau D yang dianggap benar! 

KD 3.1

1.    Bacalah teks berikut dengan cermat!

Tari Merak merupakan ragam tarian kreasi baru yang mengekpresikan kehidupan binatang, yaitu burung Merak. Tata cara dan geraknya diambil dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh seniman Sunda Raden Tjetjeo Somantri. Ide dari Tari Merak sendiri ketika Raden Tjetjeo Somantri melihat tarian Dadak Merak pada Reog Ponorogo, maka dari itu aksesoris kepala merak pada Tari Merak mematuk manik-manik seperti tasbih yang ada pada merak pada Reog Ponorogo.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....

A.    Tujuan tari merak    

B.    Pementasan tari merak

C.   Deskripsi tari merak

D.   Aksesoris tari merak

2.    Bacalah teks berikut dengan saksama!

Rumah Gadang adalah nama untuk rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di Provinsi Sumatra BaratIndonesia. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjuang.

Gagasan utama paragraf di atas adalah ....

A.    Asal usul rumah gadang      

B.    Nama lain rumah gadang    

C.   Keunikan rumah gadang

D.   Daerah asal rumah gadang

3.    Bacalah teks berikut!

Tari barong merupakan salah satu tarian tradisional yang menggunakan media topeng dan kostum sebagai perwujudan dari makhluk-makhluk yang dipercaya oleh masyarakat Bali. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, tari barong ini dianggap kesenian yang sakral. Tari barong ini merupakan tarian tradisional yang cukup terkenal di Bali. Selain memiliki nilai seni, tari barong juga memiliki makna-makna spiritual di dalamnya.

Gagasan pokok paragraf di atas adalah ....

A.    Pertunjukan tari Barong       

B.    Aksesoris tari Barong          

C.   Pengertian tari Barong

D.   Makna tari Barong

4.    Bacalah teks berikut dengan cermat!

Bika Ambon adalah salah satu makanan khas jenis kue basah yang berasal dari kota Medan, Sumatra Utara. Kue satu ini memiliki ciri khas dengan warnanya yang kuning dan memiliki rongga-rongga di bagian dalamnya. Selain itu, kue bika Ambon juga memiliki cita rasa dan aroma yang khas.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....

A.    Bika Ambon adalah makanan khas kota Medan, Sumatra Utara

B.    Bika Ambon memiliki rongga-rongga di dalamnya

C.   Bika Ambon memiliki aroma yang khas

D.   Bika Ambon berwarna kuning

5.    Bacalah teks berikut dengan saksama!

Upacara adat merupakan salah satu investasi budaya yang harus dilestarikan dan dipertahankan. Pengertian upacara adat sendiri adalah suatu kegiatan ritual yang dilakukan oleh sekelompok orang atau suku di suatu daerah dengan memiliki kekhasannya sendiri dan diturunkan secara turun-menurun.

Gagasan pokok paragraf di atas adalah....

A.    Pengertian upacara adat

B.    Ritual upacara adat 

C.   Ciri khas upacara adat

D.   Makna upacara adat

KD 3.2

Bacalah teks berikut!

Tari Pendet adalah salah satu tarian selamat datang atau tarian penyambutan yang khas dari Bali. Tarian ini merupakan salah satu tarian tradisional dari Bali yang sangat terkenal dan sering ditampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu besar dan acara budaya lainnya. Tari pendet biasanya dimainkan oleh para penari wanita dengan membawa mangkuk yang berisi berbagai macam bunga yang menjadi ciri khasnya.

Tari pendet awalnya merupakan suatu tarian tradisional yang menjadi bagian dari upacara piodalan di pura atau tempat suci keluarga. Sebagai ungkapan rasa syukur dan penghormatan dari masyarakat Bali dalam menyambut kehadiran para dewata yang turun dari khayangan. Tarian ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan spiritual masyarakat disana.

Berawal dari situ, salah satu seniman Bali bernama I Wayan Rindi terinspirasi dan mengubah tarian tersebut menjadi tarian selamat datang. Dengan dibantu Ni Ketut Reneng, keduanya menciptakan tari pendet sebagai tarian penyambutan dengan empat orang penari. Kemudian, tarian ini dikembangkan dan di sempurnakan lagi oleh I Wayang Baratha dengan menambahkan jumlah penari menjadi lima orang, seperti yang sering ditampilkan sekarang. Walaupun sudah menjadi tarian penyambutan atau tarian selamat datang, tari pendet masih terdapat unsur-unsur religius yang menjadi ciri khas masyarakat Bali.

6.    Tari pendet merupakan tari yang berasal dari Bali dan biasa digunakan sebagai tarian ....

A.    Upacara adat

B.    Perpisahan   

C.   Selamat datang

D.   Pertunjukan

7.    Nama seniman yang mengubah tari pendet menjadi tarian selamat datang adalah ....

A.    I Wayang Baratha

B.    Ni Ketut Reneng

C.   I Wayan Rudi

D.   I Wayan Rindi

8.    Banyaknya penari dalam tari pendet berjumlah ....

A.    6 orang

B.    5 orang

C.   4 orang

D.   3 orang

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Suwar-suwir adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tape. Suwar-suwir ini memiliki bentuk persegi panjang kecil dengan tampilan yang berwarna-warni. Sekilas makanan ini hampir mirip dengan dodol, namun memiliki rasa dan tekstrur yang sedikit berbeda. Suwar-suwir ini merupakan salah satu makanan khas dari Jember, Jawa Timur. Makanan ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

9.    Bahan dasar pembuatan Suwar-suwir adalah ....

A.    Tape 

B.    Singkong

C.   Ubi

D.   Kedelai

10.  Suwar-suwir merupakan makanan khas yang berasal dari ....

A.    Jawa Tengah           

B.    Jawa Timur  

C.   Jawa Barat

D.   Sumatra Barat

KD 3.3

11.  Percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara disebut dengan ....

A.    Komunikasi  

B.    Percakapan 

C.   Wawancara

D.   Introgasi

12.  Dalam wawancara, orang yang dimintai penjelasan disebut ....

A.    Pewawancara          

B.    Narasumber 

C.   Penjawab

D.   Penanya

 

13.  Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan wawancara adalah ....

A.    Menyiapkan daftar pertanyaan sesuai pokok permasalahan

B.    Menyampaikan tujuan wawancara

C.   Memperkenalkan diri dengan baik

D.   Memulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan

14.  Berikut termasuk ciri-ciri pertanyaan yang baik, kecuali ....

A.    Sesuai dengan pokok permasalahan          

B.    Jawaban iya atau tidak        

C.   Singkat dan jelas

D.   Pertanyaan berkesinambungan

15.  “Padi yang dihasilkan berkisar 3-5 ton sekali panen”

Pertanyaan di atas ditujukan kepada ....

A.    Pedagang    

B.    Nelayan       

C.   Pegawai

D.   Petani

KD 3.4

16.  Teks yang memberi anjuran atau arahan disebut ....

A.    Teks deskripsi

B.    Teks narasi  

C.   Teks puisi

D.   Teks petunjuk

17.  Syarat kalimat petunjuk agar dapat dipahami oleh orang yang membacanya adalah ....

A.    Menggunakan kalimat yang panjang          

B.    Menggunakan kalimat yang bagus 

C.   Menggunakan kalimat yang jelas

D.   Menggunakan kalimat yang pendek

18.  Perhatikan teks petunjuk di bawah ini!

1)    siapkan selembar kertas untuk membentuk badan layang layang

2)    untuk memotong kertas membentuk layang layang potong keempat sudut nya

3)    ikat kedua tongkat menjadi satu

4)    buat 4 lubang pada kertas berbentuk layang-layang pada setiap sudutnya

Teks di atas adalah teks petunjuk ....

A.    Menerbangkan layang-layang

B.    Membuat layang-layang      

C.   Mendeskripsikan layang-layang

D.   Membeli layang-layang

19.  Perhatikan petunjuk menyalakan komputer!

1)    Perhatikan aliran listrik

2)    Menunggu proses opening windows

3)    Gunakan alat bantuan dalam tegangan listrik

4)    Menekan tombol power

5)    Pastikan peralatan komputer terpasang dengan baik

Urutan petunjuk tersebut yang benar adalah ....

A.    5), 1), 3), 4), 2)

B.    5), 3), 1), 4), 2)

C.   4), 1), 3), 2), 5)

D.   3), 2), 4), 1), 5)

20.  Petunjuk pertama membuat kolase adalah ....

A.    Kelompokkan bahan yang disiapkan berdasarkan warna

B.    Sediakan bahan dasar yang akan dijadikan bahan utama pada kolase

C.   Tempelkan bahan dasar pada gambar yang telah disediakan

D.   Buat pola dasar atau gambar yang akan di kreasikan dengan bahan yang disediakan

KD 3.5

Bacalah teks cerita berikut dengan cermat!

Seekor burung Elang, dengan kekuatan sayapnya menyambar seekor anak domba dengan kukunya dan membawanya pergi jauh ke angkasa. Seekor burung gagak melihat kejadian itu, dan terbayang dibenaknya sebuah gagasan bahwa dia mempunyai kekuatan untuk melakukan hal yang sama dengan burung elang tersebut. Dengan membuka sayapnya lebar-lebar kemudian terbang di udara dengan galaknya, dia meluncur kebawah dan dengan cepat menghantam bagian punggung seekor domba. Ketika dia mencoba untuk terbang kembali dia baru sadar kalau dia tidak bisa mengangkat domba tersebut dan dia tidak dapat terbang lagi karena kukunya telah terjerat pada bulu domba. Walaupun dia mencoba untuk melepaskan dirinya, jeratan itu terlalu sulit untuk dilepaskan sehingga dia merasa putus asa dan tetap tinggal di atas punggung domba tersebut.

Seorang pengembala yang melihat lantas bergerak mendekatinya. Burung gagak itu mengibas-ngibaskan sayapnya berusaha melepaskan diri, pengembala itu menyadari apa yang telah terjadi. Pengembala itupun berlari dan segera menangkap burung itu lalu mengikat dan mengurung burung gagak tersebut, setelah menjelang sore dia memberikan burung gagak itu kepada anak-anaknya di rumah untuk bermain.

21.  Tokoh utama dalam cerita di atas adalah ....

A.    Domba

B.    Elang

C.   Gagak

D.   Pengembala

22.  Banyaknya tokoh dalam cerita di atas adalah ....

A.    2

B.    3

C.   4

D.   5

23.  Pesan yang dapat diambil dari cerita di atas adalah ....

A.    Kita harus memiliki kemampuan yang sama dengan orang lain

B.    Kita berusaha lebih maju dari orang lain

C.   Jangan iri dengan kemampuan orang lain

D.   Jangan menjadi orang yang mau dikalahkan oleh orang lain

24.  Dalam sebuah cerita ada tokoh yang bersifat antagonis yang artinya ....

A.    Baik hati

B.    Jahat

C.   Ceria

D.   Berani

25.  “Pada hari Minggu suasananya cerah sekali, Ani dan Ita memutuskan untuk pergi bersepeda.

Latar pada penggalan cerita di atas adalah ....

A.    Hari Minggu 

B.    Ani    

C.   Cerah

D.   Bersepeda

 

KD 3.7

Bacalah teks berikut!

Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perampok. Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau.

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perampok, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera. Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

26.  Dalam teks di atas, perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah ....

A.    Membuat saluran air dengan memperbaiki Sungai Gangga

B.    Membuat bendungan air di Sungai Cupu

C.   Membrantas perampok di perairan Barat dan Utara kerajaan

D.   Selalu berjuang demi rakyatnya

27.  Sungai yang diperbaiki oleh Raja Purnawarman adalah sungai ... dan sungai ....

A.    Gangga dan Musi    

B.    Musi dan Cupu        

C.   Kapuas dan Musi

D.   Gangga dan Cupu

28.  Pada masa pemerintahan Raja Purnawarman, yang dirasakan oleh rakyat adalah ....

A.    Aman dan kelaparan           

B.    Sejahtera dan menderita     

C.   Menderita dan kelaparan

D.   Aman dan sejahtera

29.  Sebagai wujud kecintaan rakyat terhadap Raja Purnawarman yaitu mengabadikan telapak kakinya dalam bentuk prasasti ....

A.    Cidahiang     

B.    Muara Cianten

C.   Ciaruteun

D.   Tugu

30.  Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah ....

A.    Keberaniannya memberantas kejahatan

B.    Kebijakannya dalam mengambil keputusan

C.   Ramah terhadap semua rakyatnya

D.   Berani melawan musuh dengan kekerasan

KD 3.8

31.  Teks nonfiksi memiliki sifat ....

A.    Deskriptif     

B.    Imajinatif      

C.   Informatif

D.   Fiktif

32.  Informasi penting dalam teks dapat diperoleh melalui kegiatan....

A.    Menulis teks

B.    Melihat judul 

C.   Membaca teks

D.   Meringkas teks

33.  Pada saat membaca teks bacaan, kita akan memperoleh informasi apabila kita membaca dengan ....

A.    Cepat

B.    Saksama

C.   Pelan

D.   Lirih

34.  Setelah memperoleh informasi penting dalam teks, kemudian kita menulis kembali informasi tersebut dengan ....

A.    Panjang dan berbelit-belit    

B.    Sederhana dan jelas

C.   Jelas dan mudah dipahami

D.   Acak-acakan

35.  Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis informasi, kecuali....

A.    Menuliskan informasi secara lengkap

B.    Menuliskan fakta-fakta yang ada    

C.   Menggunakan ejaan yang benar

D.   Menuliskan opini kita

 

II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

KD 3.1

36.  Dalam sebuah paragraf terdapat ... gagasan pokok.

37.  Kalimat yang berfungsi menjelaskan gagasan pokok disebut gagasan ....

KD 3.2

Bacalah teks berikut!

Tari Jaipong adalah salah satu kesenian tradisional Jawa Barat yang sangat populer di Indonesia. Tari jaipong merupakan penggabungan beberapa seni tradisional seperti pencak silat, wayang golek, ketuk tilu dan lain-lain. Tarian ini sering ditampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu besar dan festival budaya.

38.  Inti dari teks di atas adalah ....

KD 3.3

39.  Orang yang memberikan pertanyaan ketika wawancara disebut ....

40.  Ketika kita selesai melakukan wawancara, yang kita lakukan adalah ....

KD 3.4

Aturan pakai:

Dewasa .............................1 kaplet

Anak-anak.........................1/2 kaplet

41.  Kita dapat melihat petunjuk di atas di....

KD 3.5

42.  Pesan yang disampaikan oleh pengarang kepada pembaca disebut ....

KD 3.7

43.  Biografi dan sejarah merupakan contoh dari teks ....

44.  Teks yang berisi cerita yang bersifat imajinatif adalah teks ....

KD 3.8

45. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat menuliskan informasi yaitu menyampaikan informasi secara....

 

III.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

KD 3.1

Bacalah teks berikut!

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting. Saat tubuh sehat, kita dapat belajar, bermain, dan mengerjakan segala sesuatu dengan nyaman. Sebaliknya, saat tubuh sakit, kita tidak mungkin dapat belajar dengan baik. Kita juga tidak mungkin bisa bermain saat badan sakit. Kesehatan adalah hak anak. Saat anak sakit berhak mendapatkan pengobatan yang terbaik agar bisa kembali sehat.

46.  Gagasan pokok pada paragraf di atas adalah ....

Jawab: _______________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________

 

KD 3.3

47.  Buatlah 2 pertanyaan yang ditujukan untuk pedagang!

Jawab: _______________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________

 

KD 3.4

48.  Buatlah teks petunjuk cara membuat teh manis!

Jawab: _______________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________

 

KD 3.7

49.  Sebutkan 3 contoh teks non fiksi!

Jawab: _______________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________

 

KD 3.8

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.

50.  Informasi yang didapatkan dari teks diatas adalah ....

Jawab: _______________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KUNCI JAWABAN PAS

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

BAHASA INDONESIA

KELAS 4

 

I.     KD 3.1                        KD 3.3                        KD 3.5                        KD 3.8

1.    C                             11. C                           21. C                           31. C

2.    D                            12. B                           22. C                           32. C

3.    C                             13. A                           23. C                           33. B

4.    A                            14.B                            24. B                           34. C

5.    A                            15. D                           25. A                           35. D

 

KD 3.2                        KD 3.4                        KD 3.7

6.    C                             16. D                           26. D

7.    D                            17. C                           27. D

8.    B                             18. B                           28. D

9.    A                            19. A                           29. C

10.B                            20. B                           30. A

 

II.  KD 3.1                                                                                    KD 3.5

36. 1 (satu)                                                                              42. Amanat

37. Pendukung                                                                        KD 3.7                                   

KD 3.2                                                                                    43. Nonfiksi

38. Tari Jaipong kesenian tradisional dari Jawa Barat            44. Fiksi

KD 3.3                                                                                    KD 3.8

39. Pewawancara                                                                    45. Jelas, mudah dipahami     

40. Mengucapkan terimakasih, berpamitan, dsb

KD 3.4

41. Botol obat

 

III.   KD 3.1

46. Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting

KD 3.3

47. a. Apa saja yang Bapak/Ibu jual?

b. Berapa penghasilan Bapk/Ibu dalam sehari?

(Kebijakan guru)

KD 3.4

48. a. Rebus air hingga mendidih

     b. Masukkan gula pasir (secukupnya) dan 1 kantong teh

     c. Tuangkan air mendidih hingga warna menjadi merah

     (Kebijakan guru)

 

KD 3.7

49. Majalah, biografi, koran (Kebijakan guru)

KD 3.8

50. Penghematan energi dapat dilakukan dengan cara menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi energi. (Kebijakan guru)


KLIK UNTUKMENDOWNLOAD FORMAT MS. WORD (DOC)

Demikian contoh soal yang bisa kami share, jangan lupa follow blog kami dan share juga kepada yang lain agar saling mendapatkan manfaat.

Jika link download rusak/tidak berfungsi, silakan tulis komentar di Fanspage kami Untukmu Pelajar

No comments:

Post a Comment

Histats