Soal PTS Genap Kelas 4 SD/MI Tema 7 Subtema 2 dan 3 Plus Kunci Jawaban
Pada kesempatan kali ini kami akan share contoh soal-soal Penilaian Tengan Semester Genap (PTS II) Tematik Kelas 4 beserta kunci jawabannya. Contoh soal ini sangat berguna bagi bapak/ibu guru maupun bagi wali peserta didik untuk melatih sebelum benar-benar mengikuti kegiatan penilaian yang dilaksanakan oleh sekolah.
PENILAIAN TENGAN SEMESTER GENAP (PTS
II) MI
AZZAR244.BLOGSPOT.COM TAHUN
PELAJARAN 2022/2023 |
|||
Mata Pelajaran |
: Tematik Tema
7 Subtema 2 dan 3 |
Nama |
: …………………………… |
Kelas |
: 4 |
No. Absen |
:
…………………………….. |
Hari, Tanggal |
: …………………………… |
|
|
Waktu |
: …………………………… |
|
|
I.
Berikan
tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
1. Keragaman
suku bangsa menimbulkan, kecuali…
a. Keragaman adat istiadat |
c. Keragaman Budaya |
b.
Keragaman agama |
d. Keragaman Perbuatan |
2. Suku
baduy berasal dari…
a. Jawa barat |
c. Jawa timur |
b. Jawa tengah |
d. Sumatera barat |
3. Rumah limas berasal dari..
a.
Sumatera barat |
c. Jawa timur |
b. Sumatera selatan |
d.
Jawa tengah |
4. Pakaian
adat dari Aceh adalah…
a. Ulas |
c.
Paksian |
b. Aesan gede |
d. Elee balang |
Soal
no 5- 8
Keunikan
Pakaian Adat Wanita Minangkabau
Setiap daerah mempunyai
pakaian adat. Begitu pula dengan daerah Minang di Sumatra Barat. Pakaian adat
bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang.
Pakaian adat Limpapeh Rumah
Nan Gadang ini terdiri atas beberapa
bagian. Setiap bagian memiliki keunikan masing-masing. Berikut ini adalah
bagian-bagian dari Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang.
Bagian paling atas adalah
penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah
Minangkabau. Penutup kepala ini disebut tingkuluak. Namun, para pengantin
biasanya memakai hiasan yang disebut suntiang.
Selanjutnya adalah baju adat
yang disebut baju batabue. Baju ini penuh dengan hiasan benang emas yang
melambangkan kekayaan alam Minangkabau. Corak hiasan benang emas beragam. Pada
pinggir baju ada batas yang diberi benang emas dan disebut minsie. Baju bagian
bawah berupakain atau sarung yang disebut lambak. Kain sarung dapat berupa kain
tenun atau kain songket. Wanita Minang juga mengenakan selendang yang disebut
salempang.
Sebagai pelengkap, pakaian
adat ini juga dilengkapi dengan perhiasan. Perhiasan yang dikenakan berupa
gelang dan kalung. Gelang biasa disebut galang. Kalung biasa disebut dukuah.
(Sumber:
http://kidnesia.com/Indonesiaku/Teropong-Daerah/Sumatera-Barat/Seni-Budaya/Uniknya-Limpapeh-Rumah-Nan-Gadang
diunduh 22 September 2016)
5. Pakaian
adat wanita minang disebut…
a. Limpahpeh rumah nan gadang |
c. Limpahpeh nan rumah gadang |
b. Limpahpeh nan gadang |
d. Limpahpeh dan rumah nan gadang |
6. Ide
pokok pada bacaan di atas adalah..
a. Pakaian adat wanita minang |
c.
Hiasan pakaian adat wanita minang |
b. Pakaian adat masyarakat minang |
d. Keunikan pakaian adat wanita minang |
7. Teks
bacaan “ Keunikan Pakaian Adat Wanita Minang” disebut…
a. Teks fiksi |
c. Teks ilmiah |
b. Teks nonfiksi |
d. Teks sejarah |
8. Nama
lain dari kalung yaitu…
a. Dukuah |
c. Minsie |
b. Galang |
d. Suntiang |
9. Nama
Kampung adat yang terdapat di Kabupaten Manggarai, Flores Barat, Nusa Tenggara
Timur adalah…
a. Waerebi |
c. Waereba |
b. Waerabo |
d. Waerebo |
10. Rumah
joglo merupakan rumah adat dari daerah, kecuali…
a. Jawa Tengah |
c. Jawa barat |
b. D.I. Yogyakarta |
d. Jawa Timur |
11. Pakaian
adat yang berasal dari Sulawesi selatan dinamakan…
a. Baju Cele |
c. Kulavi (Donggala) |
b. Baju Nggembe |
d. Baju Bodo |
12. Baju
adat yang di penuhi hiasan benang emas yang melambangkan kekayaan alam
Minangkabau disebut…
a. Batabue |
c.
Batabea |
b. Batabua |
d.
Batubea |
13. Gambar
yang menunjukkan Formasi penari membentuk pola lantai diagonal yaitu…
a. |
c.
|
b. |
d. |
14. Gambar
di bawah ini menunjukkan…
a. Penari bergerak melalui garis lurus ke
depan. |
c. Penari bergerak melalui garis diagonal. |
b. Penari bergerak melalui garis lingkaran. |
d. Penari bergerak melalui garis horizontal. |
15. Garis
imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut…
a. pola lantai |
c. pola garis lurus |
b. pola garis |
d.
pola lengkung |
16. Gambar
di bawah ini menunjukkan gerakan …
a. Latihan melangkah |
c. Latihan kelenturan |
b. Latihan gerak kaki |
d. Latihan keseimbangan |
17.
Sesuatu yang mengalir dari kutub negatif
menuju kutub positif adalah…
a. Medan listrik
|
c. Arus listrik |
b Muatan listrik
|
d. Gaya listrik |
18. Setiap
benda netral mempunyai dua muatan, yaitu muatan positif dan muatan negatif,
nama lain dari muatan positif disebut…
a.
Proton |
c. Elektric |
b.
Elektron |
d. Praton |
19. Ketika
arus listrik mengalir melewati motor di dalam kipas angin, motor akan berputar
dan menggerakkan bilah-bilah kipas angin, maka energi listrik dapat berubah
menjadi…
a. Energi gesek |
c. Energi gerak
|
b. Energi panas |
d. Energi cahaya |
20.
Perubahan dari energi listrik , kecuali..
a. Energi gesek |
c. Energi gerak |
b. Energi panas |
d.
Energi cahaya |
II.
Isilah
titik titik dengan jawaban yang tepat !
22. Sebutkan
bentuk sikap toleransi terhadap keragaman suku, budaya, agama, ras, dan gender!
Soal
No 3 dan 4
Ki
Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia
Ki
Hajar Dewantara diberi gelar sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Pemberian
gelar itu ditetapkan pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. Gelar itu
diberikan kepada Ki Hajar Dewantara atas jasa beliau merintis pendidikan umum
di Indonesia. Hari kelahiran Ki Hajar Dewantara tanggal 2 Mei ditetapkan
sebagai Hari Pendidikan Nasional.
Ki
Hajar Dewantara lahir dari keluarga ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei
1889. Nama aslinya Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Namun, pada usia 40,
beliau berganti nama menjadi Ki Hajar
Dewantara. Beliau tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan Raden Mas, karena
beliau ingin dekat dengan rakyat.
Beliau
lulus dari ELS (Sekolah Dasar Belanda), lalu
melanjutkan ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera) namun tidak
selesai. Ki Hajar Dewantara menjadi
wartawan di banyak surat kabar, yaitu Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja
Timoer, De Express, Poesara, Sedyotomo, dan Midden Jaya. Tulisan-tulisan beliau
mampu membangkitkan semangat kebangsaan orang Indonesia.
Ki
Hajar Dewantara juga aktif dalam kegiatan politik. Melalui organisasi Boedi
Oetomo, beliau menyuarakan pentingnya persatuan dan kesatuan berbangsa dan
bernegara. Pada tahun 1912 beliau bersama Douwes Dekker dan Cipto Mangunkoesomo
mendirikan Indische Partij. Indische Partij merupakan partai yang bertujuan
mencapai kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1913, Ki Hajar Dewantara mengkritik
perayaan 100 tahun bebasnya Belanda dari penjajahan Perancis. Akibatnya beliau
dibuang ke negeri Belanda. Di sana beliau mempelajari pendidikan dan
pengajaran.
Selanjutnya,
pada tanggal 3 Juli 1932 Ki Hajar Dewantara kembali ke Indonesia. Beliau
mendirikan Perguruan Nasional Taman Siswa. Dari sekolah inilah lahir konsep
pendidikan nasional. Saat Indonesia merdeka dan menjadi republik, Ki Hajar
Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran,dan Kebudayaan
Indonesia. Ki Hajar Dewantara wafat pada tanggal 28 April 1959. Jasanya terus
dikenang oleh bangsa Indonesia.
23. Tuliskan
informasi baru yang kamu dapatkan dari
teks bacaan di atas!
24. Tuliskan
gagasan pokok pada paragraf pertama pada teks “Ki Hajar Dewantara, Bapak
Pendidikan Indonesia”
25. Sebutkan
macam- macam aktivitas ekonomi di Indonesia!
26. Berikan
contoh aktivitas ekonomi di bidang Industri dan jasa!
27. Jelaskan
perbedaan dari karya montase dan karya mozaik!
28. Sebutkan
lanngkah- langkah pembuatan montase dan mozaik!
29. Sebutkan
dua kutub yang terdapa pada magnet! Apa yang terjadi ketika dua magnet di
dekatkan di kutub yang sama dan bagaimana ketika dua kutub di di dekatkan
dengan kutub yang beberdeda?
30. Apa
yang dimaksud dengan gaya magnet? Sebutkan manfaat dari gaya magnet!
KUNCI JAWABAN
1 |
D |
2 |
A |
3 |
B |
4 |
D |
5 |
A |
6 |
A |
7 |
B |
8 |
A |
9 |
D |
10 |
C |
11 |
D |
12 |
A |
13 |
A |
14 |
C |
15 |
A |
16 |
A |
17 |
C |
18 |
A |
19 |
C |
20 |
A |
1. Membentuk persatuan bangsa.
2. Menciptakan kerukunan antarwarga masyarakat.
3. Memunculkan rasa nasionalisme dan bangga
terhadap bangsa dan negara Indonesia.
4. Memperkukuh Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
22. Bentuk
sikap toleransi terhadap keragaman suku, budaya, agama, ras, dan gender:
1. Toleransi
dalam Keragaman Agama.
2. Toleransi
dalam Keragaman Suku dan Ras
3. Toleransi
dalam Keragaman Sosial Budaya
23. Informasi
yang di dapat:
·
Ki Hajar Dewantara adalah seorang Bapak
Pendidikan Indonesia.
·
hari Pendidikan Nasionla tangaal 2 mei
·
Pendidikan Nasional Taman Siswa didirikan
oleh Ki Hajar Dewantara.
·
Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga
ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Nama aslinya Raden Mas Soewardi
Soeryaningrat.
24. Penetapan
hari Pendidikan nasional pada tanggal 2 mei.
25. macam-
macam aktivitas ekonomi:
1.
Bidang pertanian
2.
Bidang pertenakan
3.
Bidang perikanan
4.
Bidang kehutanan
5.
bidang pertambangan
6.
Bidang Industri
7.
Bidang perdagangan
8.
Bidang jasa
26. Aktivitas
ekonomi di bidang indsustri : industri otomotif, konveksi, elektronik, sepatu
dan sandal, ban, pengalengan ikan, minuman dan makanan, serta pupuk.
Aktivitas
ekonomi di bidang jasa: Jasa tranportasi, Komunikasi, Perbankan dan keuangan,
kesehatan, Pendidikan, konsultasi hokum, dan pariwisata.
28. Cara
membuat karya montase:
a.
Tentukan tema karya, misalnya tentang
keragaman budaya di Indonesia.
b.
Buatlah rancangan karya montase pada selembar
kertas.
c.
Carilah gambar-gambar sesuai rancangan.
Gambar-gambar dapat kamu peroleh dari buku bekas, majalah, atau koran bekas.
d.
Guntinglah gambar-gambar yang kamu peroleh.
e.
Rekatkan potongan gambar-gambar pada kertas
sesuai rancangan.
f.
Jika perlu, lengkapi dengan gambar dengan
menggunakan pensil, lalu warnailah.
Cara
membuat karya mozaik:
a. Buatlah
gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.
b. Siapkan
bahan untuk kolase, misalnya kertas atau kain.
c. Potong-potong
kertas atau kain menjadi potongan kecil-kecil.
d. Tempelkan
potongan-potongan bahan pada gambar.
29. Dua
kutub yang terdapat pada magnet yaitu
kutub utara(u) dan kutub selatan ( S). Ketika dua magnet di dekat
pada kutub yang sama, kedua magnet akan tolak menolak. sebaliknya ketika dua
magnet di dekatkan pada kutub yang berbeda, kedua magnet tersebut akan Tarik
menarik.
30. Gaya
magnet adalah gaya yang dihasilkan ketika dua magnet atau lebih saling
berinteraksi
Salah satu manfaat gaya
magnet yaitu dalam pembuatan kompas. Kompas adalah alat penunjuk arah utara dan
selatan. Pada kompas terpasang sebuah magnet berbentuk jarum. Jika diletakkan
mendatar, jarum kompas akan selalu menunjuk arah utara dan selatan.
PASTIKAN SUDAH MEMBACA/MENELITI SOAL DI ATAS, SESUAIKAN DENGAN MATERI YANG ADA DI BUKU. JIKA SUDAH SILAKAN DOWNLOAD SOAL+KUNCI JAWABAN PADA LINK DI BAWAH INI
LINK DOWNLOAD SOAL PTS GENAP KELAS 4+KUNCI JAWABAN
Demikian yang bisa kami share untuk anda, jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan kepada teman-teman anda di media sosial secara pribadi maupun grup. Semoga bermanfaat.
Jika link download rusak/tidak berfungsi, silakan tulis komentar di Fanspage Facebook kami Untukmu Pelajar
No comments:
Post a Comment