Kumpulan Tugas Sekolah

Download Gratis Makalah/Kliping Tugas Sekolah

Ketik di sini untuk mencari

6 November 2018

MAKALAH SENI RUPA DARI ROTAN SMP/MTs DOC




BAB I
PENDAHULUAN

a)        Latar Belakang
Rotan adalah salah satu jenis tumbuhan berbiji tunggal atau monokotil yang memiliki peranan ekonomi yang sangat penting (FAO 1997). Sampai saat ini rotan telah dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatab meubel, kerajinan, peralatan rumah tangga dan lain-lain. Kekuatan kelenturan dan keseragaman rotan serta kemudahan dalan pengolahannya menjadikan rotan sebagai salah satu bahan non kayu yang sangat penting dalam industry meubel.
Indonesia merupakan salh satu penghasil rotan terbesar di dunia (BPS 20012). Selama ini Indonesia telah memasok kurang lebih 80 % kebutuhan royan dunia baik dalam produk jadi misalnya meubel rotan maupun setengah jadi. Disatu pihak, hal tersebut  menjadikan rotan sebagai penghasil devisa Negara yang cukup besar, namun dipihak lain keterlambatan pembudidayaannya dapat menyebabkan berkurangnya jenis-jenis rotan sebagai sumber hayati Indonesia.
Jika dilihat dari seni terapan, ternyata kerajinan rotan sendiri merupakan bagian dair suatu seni yang sudah ada di Indonesia sejak lama. Dari segi ketahanan rotan memiliki ketahanan yang cukup lama sehingga dapat dijadikan sebagai kerajinan yang mampu bersaing di pasar domestic maupun internasional.
Sebagian besar rotan berasal dari hutan di Malesia. Seperti Sumatera, Jawa, Borneo, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Rotan cepat tumbuh dan relative mudah dipanen serta di transportasi. Ini dianggap membantu menjagoa kelestarian hutan, karena orang lebih suka memanen rotan dari pada kayu.
Rotan jenis manau dan sagu cukup banyak dihasilkan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Namun, rotan mentah itu banyak dibeli pengrajin rotan Sumbar untuk diolah yang akhirnya dibeli lagi oleh pengrajin Riau. Pemerintah diharapkan membuat kebijakaan yang dapat mendorong perkembangan industry meubel atau kerajinan nasional sehingga industry ini dapat berkembang yang akhirnya dapat menyerap semua produk bahan baku rotan Indonesia.
b)       Tujuan Karya Tulis
Karya tulis ini dibuat dalam rangka tugas Seni Budaya dan juga sebagai pembelajaran sehari-hari .....................................................................................................................................................

FILE LENGKAPNYA BERFORMAT MS. WORD 

Demikian artikel yang bisa kami sajikan, jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-temanmu agar saling mendapatkan manfaat kebaikan, semoga amal baik selalu mengiringi kita. 

Untuk mendapatkan pemberitahuan update terbaru seputar Tugas Sekolah silakan like fanspage FB kami UNTUKMU PELAJAR

 






No comments:

Post a Comment

Histats