Soal PTS GENAP FIKIH Plus Kunci Jawaban Kelas 6 MI Sesuai KMA 183 Tahun Pelajaran 2021/2022
Dalam dunia pendidikan dasar yang kita kenal, penilaian jamaah satu sekolahan biasanya dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu, yaitu 3 bulanan, dan 6 bulanan. Untuk waktu 3 bulan biasa disebut dengan Penilaian Tengah Semester atau PTS dan yang 6 bulanan biasa disebut dengan Penilaian Akhir Semester atau PAS, dan untuk akhir tahun menjadi Penilaian Akhir Tahun atau PAT.
Pada kesempatan kali ini kami akan share contoh soal-soal Penilaian Tengan Semester Genap (PTS II) beserta kunci jawabannya. Contoh soal ini sangat berguna bagi bapak/ibu guru maupun bagi wali peserta didik untuk melatih sebelum benar-benar mengikuti kegiatan penilaian yang dilaksanakan oleh sekolah. Untuk soal PTS ini berjumlah 30 pilihan ganda, 10 isian, dan 5 soal uraian.
SEBELUM MENDOWNLOAD, ALANGKAH BAIKNYA BACALAH SOAL TERLEBIH DAHULU! Tujuannya jika ada yang belum sesuai jadi nanti bisa menyesuaikan sendiri.
Berikut ini soal PTS Mata Pelajaran FIKIH untuk kelas 6 :
PENILAIAN TENGAN SEMESTER GENAP (PTS
II) MI
AZZAR244.BLOGSPOT.COM TAHUN
PELAJARAN 2022/2023 |
|||
Mata Pelajaran |
: FIQIH |
Nama |
:
………………………………… |
Kelas |
: 6 |
No. Absen |
:
………………………………….. |
Hari, Tanggal |
: …………………………… |
|
|
Waktu |
: …………………………… |
|
|
A. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
1. Jual beli berasal dari kata arab yaitu ...
a. Al baiu |
c. Al diin |
b. Al ju’u |
d. Al jualu |
2. Hukum jual beli adalah …
a. mubah |
c. haram |
b. wajib |
d. makruh |
3. Jual-beli yang hukumnya menjadi haram apabila ada unsur...
a. kemaksiatan |
c. Memberi |
b. Menolong |
d. kerja sama |
4. Ayat Al-Qur’an tentang jual beli terdapat dalam surah ....
a. QS Al-baqarah:276 |
c. QS Al-baqarah:275 |
b. QS Al-baqarah:277 |
d. QS Al-baqarah:278 |
5. Yang bukan merupakan syarat jual beli dibawah ini adalah ....
a. Penjual |
c. Pembeli |
b. Petugas pasar |
d. Nilai tukar |
6. Serah terima antara penjual dan pembeli dinamakan...
a. Akad qabul |
c. Ijab makbul |
b. Akad ijab |
d. Ijab qabul |
7. Di bawah ini yang tidak termasuk jenis khiyar ...
a. Khiyar syarat |
c. Khiyar ‘aibi |
b. Khiyar majlis |
d. Khiyar rukun |
8. Jual beli yang syarat dan rukunnya tidak terpenuhi disebut ……
a. garar |
c. batil |
b. fasid |
d. sahih |
9. Jual beli yang syarat dan rukunnya terpenuhi tetapi ada hal-hal yang menyebabkan jual beli itu terlarang disebut...
a. fasid |
c. sahih |
b. batil |
d. garar |
10. Hukum khiyar adalah...
a. haram |
c. sunnah |
b. wajib |
d. mubah |
11. Khiyar antara penjual dan pembeli boleh meneruskan jual beli/membatalkannya pada waktu masih berada di tempat akad jual beli disebut khiyar...
a. ‘aibi |
c.majlis |
b. rukun |
d. syarat |
12. Sebuah pilihan dalam jual beli,selain itu adalah sebuah koreksi kepada penjual atau pembeli adalah pengertian dari...
a. khiyar |
c. jual beli |
b. riba |
d. pinjam meminjam |
13. Salah satu yang bukan manfaat khiyar yaitu...
a. untuk menghindari adanya rasa tidak puas terhadap barang yang dibeli. |
c. Silahturahmi dan memperbanyak jejaring kita di masyarakat. |
b. menghindari penipuan. |
d. untuk membina ukhuwah antara penjual dan pembeli. |
14. Jual beli adalah...
a. pertukaran barang saling merelakan dengan cara-cara tertentu. |
c. akad berupa pemberian manfaat suatu benda halal dari seseorang kepada orang lain tanpa ada imbalan dengan tidak mengurangi atau merusak benda itu dan dikembalikan setelah diambil manfaatnya secara utuh, tepat pada waktunya. |
b. sebuah pilihan dalam jual beli,selain itu adalah sebuah koreksi kepada penjual atau pembeli. |
d. mengambil sesuatu secara paksa dengan terang-terangan dengan bermaksud menguasai hak-hak orang lain dengan cara yang tidak benar (aniaya) meskipun mempunyai niat akan mengembalikannya. |
15. Salah satu hikmah jual beli adalah...
a. Produktifitas dan perputaran ekonomi akan berjalan secara dinamis |
c. mempermudah transaksi jual beli |
b. membina ukhuwah antara penjual dan pembeli |
d. barang yang diterima pembeli dengan uang tunai |
16. Berikut ini yang bukan termasuk rukun ‘Ariyah adalah...
a. ijab qabul |
c. barang yang dipinjamkan |
b. saksi dalam peminjaman |
d. peminjam dan orang yang meminjami |
17. Orang yang meminjamkan barang disebut…
a. mu’ir |
c. musafir |
b. musta’ir |
d. musta’ar |
18. Hukum meminjamkan barang untuk maksiat adalah….
a. sunnah |
c. mubah |
b. haram |
d. wajib |
19. Salah satu yang bukan hikmah bagi yang memberi pinjaman yaitu..
a. Disenangi sesama serta di akherat terhindar dari ancaman Allah. |
c. Adanya kepercayaan terhadap dirinya untuk dapat memanfaatkan sesuatu yang ia sendiri tidak memilikinya. |
b. Membantu orang yang membutuhkan. |
d. Sebagai manifestasi rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang telah dianugerahkan kepadanya. |
20. Hukum pinjam meminjam yaitu ...
a. mubah |
c. sunnah |
b. wajib |
d. haram |
21. Syarat bagi peminjam dan yang meminjamkan adalah….
a. dapat dimengerti kedua belah pihak |
c. ada manfaat |
b. tidak rusak saat dikembalikan |
d. berakal sehat |
22. Kewajiban peminjam barang adalah...
a. Mengembalikan tepat pada waktunya. |
c. Dapat meringankan beban orang lain. |
b. Melatih diri agar tidak bersifat kikir bagi orang yang meminjamkan barang. |
d. peminjam |
23. Jika kita melakukan pinjam meminjam karena mendesak maka hukumnya….
a. mubah |
c. haram |
b. makruh |
d. wajib |
24. Salah satu hikmah pinjam meminjam adalah...
a. Menjaga dan memanfaatkan barang pinjaman dengan pinjaman. |
c. bendanya tidak rusak saat dikembalkan. |
b. Melatih diri untuk bersikap tanggung jawab terhadap barang yang dipinjamkan bagi peminjam. |
d. Terciptanya kehidupan kondusif, aman, tentram dan bahagia di rumah, sekolah maupun di lingkungan masyarakat. |
25. ‘Ariyah adalah ...
a. mengambil sesuatu secara paksa dengan terang-terangan dengan bermaksud menguasai hak-hak orang lain dengan cara yang tidak benar (aniaya) meskipun mempunyai niat akan mengembalikannya. |
c. memperoleh sesuatu yang tersia-siakan dan tidak diketahui pemiliknya. |
b. meminjamkan suatu barang kepada orang lain untuk digunakan dan diambil manfaatnya dengan perjanjian akan mengembalikan barang tersebut dalam keadaan utuh dalam waktu yang tepat. |
d. pertukaran barang saling merelakan dengan cara-cara tertentu. |
26. Akad/transaksi pinjam meminjam berasal dari Bahasa arab yaitu...
a. ‘Ariyah. |
c. al-bay’i |
b. ‘Wariyah |
d. al-tijarah |
27. Salah satu rukun pinjam meminjam adalah...
a. saksi dalam peminjaman |
c.penjual |
b. ijab qabul |
d. pembeli |
28. Ucapan kedua bela pihak dalam pinjam meminjam disebut...
a. ijab |
c. ijab mabrul |
b. qabul |
d. ijab qabul |
29. Jika ada salah satu rukun dan syarat tidak terpenuhi dalam pinjam meminjam maka pinjam meminjam itu akan….
a. batal |
c. haram |
b. sah |
d. jawaban a,b,c benar semua |
30. Di bawah ini yang termasuk syarat peminjaman barang adalah…
a. anak-anak |
c. orang lemah |
b. orang miskin |
d. orang berakal |
B. Isilah titik – titik berikut dengan jawaban yang tepat!
1. Jika kita meminjam sepeda untuk keperluan sekolah anak maka hukum pinjam meminjam adalah….
2. Jika ada peminjam dan ijab Kabul termasuk dalam.........
3. Pinjam meminjam berasal dari Bahasa arab yaitu…
4. Landasan dari pinjam meminjam adalah....
5. Dari hadits al-Tirmidzi melandaskan pinjaman harus dikembalikan, dan orang yang menjamin sesuatu harus membayar. Hadist ini menjelaskan tentang....
6. Ciri -ciri jual beli yang halal adalah...
7. Jual beli adalah pertukaran mal dengan harta dengan menggunakan cara tertentu menurut mazhab...
8. Jika kita melaksanakan jual beli sistem ijon(belum jelas barang) maka jual beli itu...
9. Dasar hukum jual beli terdapat dalam al-Quran surah...
10. Pada jual beli terdapat khiyar.Khiyar yang memilih antara meneruskan dan membatalkannya disebut….
C. Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat!
1. Jelaskan hukum jual beli!
2. Jelaskan syarat yang dapat memenuhi ijab qabul!
3. Jelaskan pengertian khiyar dan macam-macam khiyar!
4. Jelaskan hukum pinjam meminjam dalam syariat islam!
5. Sebutkan rukun pinjam meminjam!
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan Ganda
1. |
A |
16. |
B |
2. |
A |
17. |
A |
3. |
A |
18. |
B |
4. |
C |
19. |
C |
5. |
B |
20. |
A |
6. |
D |
21. |
D |
7. |
D |
22. |
A |
8. |
C |
23. |
D |
9. |
A |
24. |
B |
10. |
D |
25. |
B |
11. |
C |
26. |
A |
12. |
A |
27. |
B |
13. |
C |
28. |
D |
14. |
A |
29. |
A |
15. |
C |
30. |
D |
II. Isian
1. Sunnah
2. Rukun pinjam meminjam
3. ‘Ariyah
4. saling tolong menolong dan dianjurkan dalam Islam.
5. Pinjaman yang disertai jaminan waktu mengembalikan barang harus membayarnya.
6. terpenuhinya rukun dan syarat jual beli.
7. Hanafiyah
8. Tidak sah karena kurang syarat rukun
9. (QS. Al-Baqarah [2]: 275)
10. Khiyar Syarat
11.
III. Uraian
1. Hukum jual beli:
a. Mubah (boleh), merupakan hukum asal jual beli.
b. Wajib, apabila menjual merupakan keharusan, misalnya menjual barang untuk membayar hutang.
c. Sunah, misalnya menjual barang kepada sahabat atau orang yang sangat memerlukan barang yang dijual
d. Haram, misalnya menjual barang yang dilarang untuk diperjualbelikan. Menjual barang untuk maksiat, jual beli untuk menyakiti seseorang, jual beli untuk merusak harga pasar, dan jual beli dengan tujuan merusak ketentraman masyarakat.
2. Syarat yang harus dipenuhi ijab qabul adalah
- Kabul harus sesuai dengan ijab
- Ada kesepakatan antara ijab dengan kabul pada barang yang ditentukan mengenai ukuran dan harganya
- Akad tidak dikaitkan dengan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan Akad, misalnya: “Buku ini akan saya jual kepadamu Rp 10 000,00 jika saya menemukan uang”
- Akad tidak boleh berselang lama, karena hal itu masih berupa janji.
3. Khiyar adalah hak memilih bagi penjual atau pembeli untuk meneruskan akad jual beli atau membatalkannya.
Macam-macam Khiyar ada 3 yaitu:
- Khiyar Majlis adalah khiyar antara penjual dan pembeli boleh meneruskan jual beli atau membatalkannya pada waktu masih berada di tempat akad jual beli.
- Khiyar syarat adalah hak memilih antara meneruskan jual beli atau membatalkannya dengan syarat tertentu.
- Khiyar ‘Aib adalah hak untuk memilih meneruskan atau membatalkan jual beli karena ada cacat atau kerusakan pada barang yang tidak kelihatan pada saat ijab kabul.
4. Hukum pinjam meminjam dalam syariat Islam:
- Mubah, artinya boleh, ini merupakan hukum asal dari pinjam meminjam.
- Sunnah, artinya pinjam meminjam yang dilakukan merupakan suatu kebutuhan akan hajatnya, lantaran dirinya tidak punya.
- Wajib, artinya pinjam meminjam yang merupakan kebutuhan yang sangat mendesak dan kalau tidak meminjam akan menemukan suatu kerugian.
- Makruh, artinya jika pinjam meminjam berdampak pada hal yang makruh.
- Haram, artinya pinjam meminjam yang dipergunakan untuk kemaksiatan atau untuk berbuat jahat.
5. Rukun pinjam meminjam adalaah
- Mu‟ir (peminjam)
- Musta‟ir (orang yang meminjamkan)
- Musta‟ar (barang yang dipinjamkan)
- Ijab kabul
LINK DOWNLOAD SOAL+KUNCI JAWABAN
Demikian yang bisa kami share untuk anda, jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan kepada teman-teman anda di media sosial secara pribadi maupun grup. Semoga bermanfaat.
Jika link download rusak/tidak berfungsi, silakan tulis komentar di Fanspage Facebook kami Untukmu Pelajar
No comments:
Post a Comment