Kumpulan Tugas Sekolah

Download Gratis Makalah/Kliping Tugas Sekolah

Ketik di sini untuk mencari

3 November 2017

Kliping Pramuka Penghijauan





Saka Kalpataru Hijaukan Desa Lebakwangi


BANJARNEGARA – Pramuka Saka Kalpataru melakukan penghijauan di Desa Lebakwangi Kecamatan Pagedongan. Sekitar 180 bibit tanaman dari berbagai jenis ditanam di beberapa lokasi di desa tersebut.
Pamong Saka Kalpataru Eko Yusfianto mengatakan, kegiatan penghijauan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari sosialisasi berdirinya Saka Kalpataru yang bermarkas di Kantor Lingkungan Hidup Banjarnegara. Melalui penghijauan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anggota pramuka dari Saka Kalpataru serta masyarakat. ”Kami berusaha menanamkan semangat peduli lingkungan bagi anggota pramuka dan masyarakat.”
Menurutnya, penghijauan Saka Kalpataru di Desa Lebakwangi merupakan kegiatan kedua. Sebelumnya, kegiatan yang sama dilakukan di kawasan Selamanik. Pada penghijauan di Lebakwangi, ditanam sebanyak 180 bibit tanaman, antara lain glodokan pecut, pucung, jati, dan ketapang kencana. ”Bibit tersebut di tanam di sepanjang jalan desa serta di sekitar Pasar Lebakwangi,” jelasnya.
Mengembangkan Bakat
Dijelaskan, selain melibatkan anggota Pramuka Saka Kalpataru, kegiatan tersebut juga melibatkan warga setempat dan 90 siswa dari MA Cokroaminoto Pagedongan, serta siswa sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah yang berada di Desa Lebakwangi. ”Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan,” ujarnya.
Dikatakan, Saka Kalpataru merupakan wadah bagi anggota Pramuka untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan. Melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan diharapkan dapat menjadi bekal untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara. ”Kepedulian ini harus ditanamkan dari diri sendiri.”
Pembina Saka Kalpataru, Sumarlan menambahkan, beberapa kegiatan kepramukaan dan pendidikan sudah dilakukan secara rutin di Kantor Lingkungan Hidup Banjarnegara. Selain menanamkan rasa cinta lingkungan, kegiatan juga didukung dengan keberadaan kebun konservasi. ”Kami berharap, anggota Saka Kalpataru ini juga bisa menjadi pelopor lingkungan hidup di lingkungannya masing-masing.”  (K36-14)
Sumber : http://berita. suaramerdeka.com


Pramuka SMAN 1 Plampang Lakukan Penghijauan
PLAMPANG– Anggota Pramuka SMAN 1 Plampang melakukan gerakan penghijauan, kemarin. Minggu (28/12) sebanyak 35 siswa-siswi yang tergabung dalam Pramuka, yang di dampingi sang Pembina, Syarifuddin (34) menanam sebanyak 40 pohon kelapa di halaman belakang sekolah.
Kegiatan penghijauan tersebut merupakan usulan dari anggota pramuka sendiri yang peduli terhadap lingkungan dengan harapan bisa ikut mengurangi dampak pemanasan global.
Syarifuddin mengatakan kegiatan tersebut akan dilakukan selama dua hari. ”Kami semua bermalam di Sekolah. Untuk malam hari kami isi dengan diskusi terbuka,” ujarnya. Disampaikannya juga bahwa kemungkinan kegiatan penghijauan ini akan berlanjut setelah liburan usai. “Kami telah meminta seluruh siswa untuk membawa bibit kelapa, 5 orang 1 bibit. namun yang terkumpul baru 40 pohon, artinya masih sekitar 1/3 dari jumlah siswa kami seluruhnya. 700’an siswa,” ungkapnya.
Riko Anggara, salah seorang anggota kegiatan tersebut menuturkan kegiatan ini melatih generasi muda untuk cinta alam dan peduli lingkungan. ”Sekarang ini sering terjadi ‘global warming’, jadi kita berharap kegiatan ini bisa membantu bumi kita mencegah terjadinya Global warming”. Tuturnya kepada Radar Sumbawa, Senin (29/12) kemarin.
Selain siswa-siswi Pramuka SMAN 1 Plampang, juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut beberapa alumni SMAN 1 Plampang, yang juga merupakan anggota pramuka. Indah Sari, anggota lainnya mengatakan, meskipun kegiatan ini dilakukan di hari libur, mereka sama sekali tidak merasa terbebani. ”Malah kami merasa senang, karena kegiatan ini kami anggap sebagai liburan karena saya sendiri yakin bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk semua,” pungkasnya. (pkl-rat)

Sumber : http://tamboranews. com

Pramuka Perbaiki Jalan dan Lakukan Penghijauan


MOJOTENGAH – Sebanyak 275 orang pramuka SMA 1 Mojotengah mengadakan kegiatan bakti masyarakat dengan menggelar kegiatan Tegak Karya Manunggal, Kemah Bakti Green Area di dusun Jambu, Desa Wonokromo, Kecamatan Mojotengah, kemarin.
Selama empat hari mereka berbaur dengan masyarakat dan mengadakan kegiatan bakti sosial bersama. Kegiatan ini diselenggarakan dalam upaya melatih para pramuka agar memiliki kedisiplinan tinggi,ketekunan, keberanian, dapat berlatih mandiri serta memiliki jiwa sosial dan kepedulian yang tinggi serta memiliki kepekaan sosial untuk membantu sesama.
Kepala SMA 1 Mojotengah, Sri Widyastuti mengharapkan, agar dengan kegiatan ini para peserta dapat berlatih bersosialisasi dengan warga masyarakat yang sebagian besar adalah petani. Lokasi kegiatan yang jauh dari keramaian juga diharapkan dapat melatih peserta untuk lebih banyak melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat bagi warga sekitar.
Perbaiki Jalan
Salah satu anggota Dewan Ambalan, M Daviq Zamzami mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan berbaur dengan warga desa, dimana para peserta bertempat tinggal bersama induk semang, di 28 rumah.
Dikatakan, kegiatan TKM kali ini dengan menitikberatkan pada kegiatan bakti sosial, perbaikan jalan desa, penanaman pohon tanaman keras di sepanjang jalan desa , penyuluhan hidup sehat dan pemeriksaan tekanan darah bagi warga lansia di dusun setempat.
Selain itu juga digelar kegiatan sarasehan bersama tokoh masyarakat, senam pagi dan pentas hiburan. Waka Kesiswaan, Endang Hambali menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan secara terpadu antara Pramuka dan anggota PMR di sekolah didukung oleh perwakilan Pramuka dari SMA 1 Wonosobo dan SMA NU Kejajar.
Untuk waktu yang akan datang, direncanakan kegiatan ini akan berkesinambungan dengan beberapa desa binaan, yang salah satunya adalah Desa Jambu, sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan TKM.
Dengan demikian akan terjalin hubungan yang lebih baik dan berkesinambungan antara kegiatan yang sudah dilaksanakan selama TKM dengan perkembangan dan kebutuhan warga masyarakat. Potensi yang dimiliki Desa Jambu dirasa sangat tepat bagi SMA Mojotengah yang kini bersiap menuju sekolah Adiwiyata Nasional Mandiri ini sebagai partner desa binaan. (H67-28)

Sumber : http://berita. suaramerdeka.com

Pramuka Sekadau Gelar Penghijauan Perangi Global Warming
Sekadau (Antara Kalbar) - Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Sekadau melakukan penanaman pohon di lingkungan sekitar kantor baru Camat Sekadau Hilir di Jalan Sekadau-Rawak KM 3, guna mengurangi dampak pemanasan global.
"Kegiatan penanaman pohon ini kami lakukan untuk mencegah pemanasan global. Ini sesuai dengan instruksi dari KaKwarnas tentang penanaman pohon oleh Pramuka secara serentak pada hari ini dengan program satu pramuka satu pohon," ujar Kepala Kwartir Cabang Pramuka Sekadau, Isnaini kepada wartawan disela kegiatan penanaman pohon itu.
Kegiatan penanaman pohon itu dipimpin langsung Kepala Kwartir Cabang Pramuka Sekadau, H. Isnaini. Hadir juga Camat Sekadau Hilir, Hermanto beserta sejumlah Andalan Cabang Pramuka seperti Azis Yaqob, H Edy Lukman , Abdul Wahab, drg Elsa Satyaningsih, Megawati, serta sejumlah pengurus Pramuka lainnya.
"Kegiatan penanaman pohon itu diikuti peserta pelatihan Gladian Pimpinan Regu (Danpinru) dan peserta Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) dari semua kecamatan se-Kabupaten Sekadau yang tengah melakukan pelatihan di Sekadau. Ada 100 pohon dari jenis mahoni, gharu, durian, petai dan langsat yang ditanam dalam acara tersebut," lanjutnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kita untuk memerangi pemanasan global. Kita sengaja memilih lokasi di Kantor Camat Sekadau Hilir, karena lokasi ini masih baru dan masih gersang.
"Kita juga berharap kegiatan tersebut bisa menjadi contoh bagi jajaran pemerintah di tingkat bawah, karena kecamatan adalah pusat pemerintahan di tingkat Kecamatan. Kita juga menginstruksikan kepada jajaran Kwarran (Kwartir Ranting) di tingkat kecamatan untuk melakukan kegiatan serupa,” lanjut pria yang juga legislator pal 9 Kabupaten Sekadau dari partai berlambang beringin itu.

Sementara itu, Camat Sekadau Hilir, Hermanto, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan gerakan Pramuka Sekadau yang di dalamnya juga diikuti anggota komunitas Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Kabupaten Sekadau.
"Kegiatan ini sangat positif. Atas nama pribadi dan pemerintah Kecamatan Sekadau Hilir, kami mengucapkan terima kasih," katanya.
Sumber : www. antarakalbar. com


Cintai Tanah Air Melalui Penghijauan
Lombok Utara - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Lombok Utara (KLU) melaksanakan Kemah Bakti Penghijauan di Bumi Perkemahan Nipah Desa Malaka Kecamatan Pemenang dari tanggal 17 s/d 19 Januari 2013. Kemah Bakti itu dibuka oleh Kepala Dinas Dikbudpora KLU Suhrwardi Kamis (17/1) dan dilanjutkan pada malam harinya dengan Acara Silahturrahmi Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH bersama seluruh pembimbing Pramuka
dan Kepala sekolah SD, MTs. SMK se- Lombok Utara. Hal ini dijelaskan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lombok Utara Abdul Gani Pra Acara Pencanangan satu miliyar pohon dan Bakti Penghijauan Gerakan Pramuka oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. TGH. M. Zainul Majdi bersama Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH dan Wakil Bupati H. Najmul Akhyar, SH.MH Jumat (18/1) di Bumi Perkemahan Nipah Desa Malaka Kecamatan Pemenang.
“Pada pagi hari tadi telah dilaksanakan penanaman pohon (penghijauan) di sepanjang jalan di wilayah Desa Malaka yang dilakukan oleh SKPD lingkup Pemda Lombok Utara dan akan dilanjutkan dengan Upacara Pencanangan Penghijauan sore ini,’’ Katanya.
Bertindak sebagai inspektur Upacara Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. TGH. M. Zainul Majdi selaku Ketua Majelis Daerah  Gerakan Pramuka Provinsi  Nusa Tenggara Barat  pada upacara pencanangan bakti penghijauan satu milyar pohon dalam amanatnya..... 


Download file asli di PRAMUKA PENGHIJAUAN KLIK DI SINI

Unduh Juga :
Makalah Seni Rupa Kerajinan Dari Bambu Doc
Bentuk Keragaman Suku Bangsa dan Budaya (paling banyak didownload)
Kliping TIK Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia SMP/MTs Kelas IX

Demikian artikel yang bisa kami sajikan, jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-temanmu agar saling mendapatkan manfaat kebaikan, semoga amal baik selalu mengiringi kita. 

Untuk mendapatkan pemberitahuan update terbaru seputar Tugas Sekolah silakan like fanspage FB kami UNTUKMU PELAJAR

 




 

No comments:

Post a Comment

Histats